• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Juni 2022

Metropolis

LPNU di Jatim Manfaatkan Era Digital untuk Pemberdayaan Ekonomi

LPNU di Jatim Manfaatkan Era Digital untuk Pemberdayaan Ekonomi
Ngaji Ekonomi dengan tema Peningkatan Kapasitas Management Pengembangan Usaha di Era Digital. (Foto: NOJ/Syafik)
Ngaji Ekonomi dengan tema Peningkatan Kapasitas Management Pengembangan Usaha di Era Digital. (Foto: NOJ/Syafik)

Gresik, NU Online Jatim

Ekonomi yang dikembangkan oleh NU selama ini belum menjanjikan kepada warganya. Fenomena ini tidak sebanding lurus dengan jumlah jamaah yang besar.

 

Hal ini menjadi ikhtiar Lembaga perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) untuk meningkatkan kemandirian ekonomi warga NU. Oleh karena itu, LPNU Lamongan dan LPNU MWCNU Dukun Gresik menggelar forum diskusi yang bertajuk ‘Ngaji Ekonomi’ dengan tema Peningkatan Kapasitas Management Pengembangan Usaha di Era Digital’. Kegiatan tersebut dipusatkan di Musholla Annahdlah MWCNU Gresik (16/09/2021) dengan melibatkan pengurus harian MWCNU, lembaga, banom dan pelaku usaha ekonomi dibawah naungan PT Binanusa Mandiri.

 

Ketua MWCNU Dukun KH Moh Sholeh bersyukur atas digelarnya acara ini. "Alhamdulillah hari ini kita bisa belajar terkait gerakan peningkatan ekonomi dengan LPNU Lamongan. Dengan ini kami ingin punya aplikasi yang terintegrasi dan bisa diakses para pelaku ekonomi MWCNU Dukun," katanya.

 

Dirinya menambahkan bahwa era digital bisa dimanfaatkan untuk mempermudah kegiatan ekonomi warga. "Maka laporan usaha ekonomi NU Dukun nanti bisa seragam dengan aplikasi yang terbaik agar efektif dan efisien," tambahnya.

 

Turmudzi Dari LPNU Lamongan mengungkapkan, konsep ekonomi dengan branding kulakan ini sangatlah sederhana yakni menawarkan barang terutama sembako melalui aplikasi dengan melibatkan jamaah NU sebagai bentuk kerja sama.

 

"Maka yang perlu disiapkan dulu adalah ekosistem yang ada di bawah. Untuk memastikan dan memasifkan jaringan maka perlu melibatkan jamaah NU contoh Fatayat NU," ungkapnya.

 

Menurutnya, jumlah pengikut NU yang banyak merupakan salah satu potensi yang harus dimanfaatkan.

 

"Karena kita punya jamaah banyak di NU maka ini peluang untuk pemberdayaan dalam pelaku Ekonomi dan kata kuncinya adalah sama-sama untung,” terangnya.

 

Dirinya meminta hal tersebut harus ditindaklanjuti agar perekonomian NU dapat berkembang.

 

"Maka ini harus ditindaklanjuti agar dapat dikelola secara sungguh-sungguh dan profesional dengan menerapkan aplikasi dan IT yang bisa dimanfaatkan,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru