• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 6 Desember 2022

Tapal Kuda

Fauzi, Rintis Percetakan dari Rental Pengetikan Kini Omset Puluhan Juta

Fauzi, Rintis Percetakan dari Rental Pengetikan Kini Omset Puluhan Juta
Fauzi Anwar saat di percetakan miliknyanya. (Foto: Fauzi Anwar untuk NOJ)
Fauzi Anwar saat di percetakan miliknyanya. (Foto: Fauzi Anwar untuk NOJ)

Lumajang, NU Online Jatim

Percetakan California merupakan salah satu percetakan besar yang ada di Kabupaten Lumajang. Percetakan yang terletak di Jalan Gajah Mada (toga) utara Stadion Lumajang ini dulunya hanyalah usaha pengetikan yang didirikan Fauzi Anwar, kader NU asal Desa Purworejo Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang.

 

Usaha yang dimulai tahun 2004 ini diawali oleh Fauzi Anwar saat masih di bangku kuliah dengan membuka rental pengetikan, sablon dan setting komputer di Jalan Ahmad Yani Lumajang. Lokasi ini tidak jauh dengan kampusnya selama 3 tahun.

 

"Usaha tersebut sengaja mencari dekat kampus saya kuliah dulu di STKIP PGRI Lumajang. Dari sana kemudian pindah di Jogoyudan selama 5 tahun hingga pada tahun 2011 saya melanjutkan usaha dari rumah," cerita Sekretaris Pengurus Cabang (PC) Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama' (LPNU) Lumajang ini saat dihubungi pada Selasa, (14/09/2021).

 

Saat itu sebagai anak kuliah yang ingin mandiri, lelaki berumur 38 tahun ini membuka usahanya hanya bermodalkan sedikit uang dan tekad yang besar. Tak jarang ia harus bolak-balik Lumajang-Surabaya demi memuaskan pelanggan yang mulai mencetak baner yang saat itu minim pemilik mesin cetak baner di Lumajang.

 

"Tiga bulan pertama sehari dapat pemasukan Rp 7.500 sampai 15 ribu itu sudah Alhamdulillah. Cukup untuk makan sehari-hari sebagai anak yang belajar mandiri. Sepeda motor saja belum punya waktu itu, dan modal rental pengetikan hanya Rp 3,9 juta dengan biaya sewa tempat Rp 750 ribu, ditambah beli 1 unit komputer Pentium II dan printer," ungkapnya.

 

Sedikit demi sedikit namun pasti, orderan baner dan jasa ketiknya mulai berkembang. Terutama ketika musim-musim pemilihan pemimpin tingkat desa hingga pusat banyak dibanjiri pesanan, hingga akhirnya Fauzi bisa membeli peralatan sendiri.

 

"Kalau musim Pilkades, banyak order dari Lumajang, Jember, Banyuwangi. Dan kalau musim skripsi panennya pengetikan. Jadi saya mulai berani berinvestasi dengan membeli mesin baner, offset, digital printing dan lainnya. Alhamdulillah sekarang omzet bisa mencapai Rp 40-50 juta per bulan. Bahkan, jika momen Pilkada atau Pilkades bisa berkali-kali lipat," cerita Fauzi dengan semangat.

 

Lelaki yang juga menjadi Ketua NU Ranting di desanya ini mengaku selalu memberikan pelayanan khusus jika ada hubungannya dengan NU. Sebab menurutnya, kesuksesan yang ia capai saat ini tak lepas dari barokahnya NU.

 

 

"Dengan dibantu 5 karyawan, di sini cetak baner 1 Jam jadi. Kalau tidak jadi saya jamin gratis. Dan order cukup melalui WhatsApp. Untuk orderan di bawah satu juta bisa tanpa uang muka dan bayar saat ambil barang, dan pasti saya gratisi stiker NU dan Banomnya," pungkas Fauzi.

 

Penulis: Sufyan Arif

Editor: Romza


Editor:

Tapal Kuda Terbaru