• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Metropolis

LTMNU di Sidoarjo Sosialisasi Pentingnya Urus IMB Guna Lindungi Masjid

LTMNU di Sidoarjo Sosialisasi Pentingnya Urus IMB Guna Lindungi Masjid
Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan LTMNU di Sidoarjo, Ahad (13/12/2020). (Foto: NOJ/ Rachmad Salam).
Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan LTMNU di Sidoarjo, Ahad (13/12/2020). (Foto: NOJ/ Rachmad Salam).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Ta'mir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kabupaten Sidoarjo menggelar sosialisasi mengenai Id Card (kartu anggota) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Ahad (13/12/2020). Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Al-Qodir Wage Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo.

 

Dalam kegiatan tersebut, hadir KH Fuad Anwar selaku Ketua Yayasan Masjid Al-Qodir Wage, H Abdul Fattah Ketua PC LTMNU Sidoarjo, dan Muhammad Yasin Seretaris LTMNU Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Taman.

 

Acara diawali tahlil, Informasi organisasi dan pengajian kitab Bidayatul Bidayah oleh KH Baidlowi Mufti, Rais Syuriyah MWCNU Taman.

 

Dalam pembahasan tersebut, Muhammad Yasin Sekertaris LTMNU Taman menyampaikan bahwa untuk Id Card dikeluarkan oleh Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sidoarjo. Karena ada hubungannya dengan bantuan untuk masjid atau mushala. Apabila tidak memiliki Id Card, maka tidak bisa mengajukan bantuan ke Pemerintah Daerah (Pemda).

 

"Untuk pengurusan Id Card tersebut perlu adanya komunikasi melalui PC LTMNU yang nantinya akan membantu LTMNU di MWC dengan 8 syarat. Salah satunya adalah struktur organisasi yang ter-SK oleh PC LTMNU Sidoarjo," ujarnya.

 

Ia berharap masjid di bawah naungan LTMNU memiliki IMB. Adapun saat ini dari 55 masjid hanya 1 masjid yang sudah memiliki IMB di Kecamatan Taman.

 

 

"IMB agak rumit. Harus ada gambar yang jelas dan PC LTMNU Sidoarjo juga sudah siap membantu untuk masjid atau mushala yang mengajukan. Karena dikhawatirkan terjadi masjid yang sudah ber-amaliyah NU tiba-tiba direbut pihak lain karena tidak memiliki IMB. Sehingga masjid berganti amaliyah,” ungkapnya.

 

Penulis: Rachmad Salam

Editor: Romza


Editor:

Metropolis Terbaru