• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 8 Desember 2022

Metropolis

Mahasiswi Ini Raih Juara 1 Tilawah MTQ Sidoarjo 2020, Begini Kisahnya

Mahasiswi Ini Raih Juara 1 Tilawah MTQ Sidoarjo 2020, Begini Kisahnya
Luluk Isnainiyah, juara 1 Tilawah Dewasa Putri MTQ Sidoarjo tahun 2020. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto).
Luluk Isnainiyah, juara 1 Tilawah Dewasa Putri MTQ Sidoarjo tahun 2020. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Luluk Isnainiyah, merasa sangat bangga dan bersyukur setelah dinyatakan sebagai juara 1 Tilawah Dewasa Putri Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kabupaten Sidoarjo tahun 2020 beberapa waktu lalu.

 

Perempuan kelahiran 27 Oktober 1997 ini tinggal di Desa Tlasih, Kecamatan Tulangan. Ia hidup di tengah keluarga pecinta Al-Qur’an. Ayahnya yang seorang Qori, telah mendidik dan mengajarinya ilmu tilawah sejak kecil hingga dewasa.

 

Luluk sempat bersedih saat ayahnya meninggal dunia beberapa bulan lalu. Namun, kini ia bisa merasa bangga karena masih bisa memberikan prestasi berkat bimbingan ayahnya di bidang tilawah.

 

Luluk merupakan siswa madrasah sejak Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga Madrasah Aliyah (MA). Untuk MI ia selesaikan di Himmatul Ulya Tlasih (2010), kemudian melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Tlasih (2013), dan terakhir di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Mojosari (2016).

 

Beberapa pengalaman organisasi juga telah dilaluinya. Ia pernah aktif menjadi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MTsN Tlasih. Hingga kini dirinya masih tercatat sebagai anggota Ikatan Qori Mahasiswa (IQMA) UINSA Surabaya.

 

Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya semester delapan Fakultas Tarbiyah, Program studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris tersebut sejak semester satu hingga tujuh menjadi santriwati di Pesantren Mahasiswa An Nur, Wonocolo, Surabaya, yang diasuh oleh KH Imam Ghozali Said.

 

Berbagai prestasi telah diraih oleh perempuan yang memiliki hobi fotography dan travelling ini. Diantaranya pernah menyabet juara 2 MTQ Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga (Aksioma) MA Jawa Timur (2015), selanjutnya pernah menggondol juara 2 tingkat mahasiswa MTQ Festival Seni Islam Nasional (IFSIN) UIN Jakarta (2018). Ia kembali mengukir prestasi dengan sukses meraih juara 1 Tilawah Dewasa Putri MTQ Kabupaten Sidoarjo tahun 2020.

 

Sejak beberapa bulan lalu, anggota Jam’iyyatul Qurra` Wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) Kecamatan Tulangan  tersebut aktif mengajar bahasa Inggris di MA Darul Ulum Tlasih serta ekstra tilawah di TPQ Darul Ulum yang didirikan oleh almarhum KH Fathurrahman Mufidz.

 

Motivasi yang mendorong dirinya untuk mengikuti ajang MTQ ke-29 tingkat Kabupaten Sidoarjo, antara lain dukungan kedua orang tuanya. Terutama almarhum ayahnya yang selama hidupnya selalu memberikan motivasi untuk rajin belajar tilawah sampai Luluk beranjak dewasa.

 

“Yang kedua, support dari orang-orang terdekat yang membuat saya semakin bersemangat untuk mengikuti ajang MTQ tingkat Kabupaten ini,” tuturnya, kepada NU Online Jatim, Kamis (12/11/2020) malam, usai menceritakan riwayat hidupnya.

 

Luluk berharap, kedepan ia bisa meningkatkan kualitas dirinya serta tetap istiqamah belajar tilawah Al-Qur’an. “Harapan kedepan agar lebih meningkatkan kualitas diri, dan juga yang paling penting, saya berharap agar selalu diberikan ke-istiqamahan belajar tilawah,” harapnya.

 

 


 

Dalam momen peringatan hari Pahlawan ini, ia mengajak generasi wanita muda NU agar senantiasa mempelajari Al Qur'an sekaligus mengajarkannya, sebagai wujud meneruskan perjuangan para pahlawan.

 

“Kami juga mengajak generasi wanita muda NU untuk lebih meningkatkan kualitas imannya, agar tidak mudah terpengaruh oleh sisi negatif dari perkembangan zaman ini,” tutup Luluk.

 

Editor: Romza


Editor:

Metropolis Terbaru