• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Metropolis

Menengok Balai Rukyat Condrodipo Gresik, Langganan Melihat Hilal

Menengok Balai Rukyat Condrodipo Gresik, Langganan Melihat Hilal
Balai Rukyat Condrodipo Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)
Balai Rukyat Condrodipo Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)

Gresik, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jawa Timur bersama tim lain yang dikoordinir Kementerian Agama akan melaksanakan rukyatul hilal 1 Ramadhan 1443 Hijriyah pada Jumat (01/04/2022) sore ini di 27 titik. Salah satunya di Balai Rukyat Condrodipo Kabupagen Gresik. Titik ini langganan melihat hilal setiap kali pemantauan anak bulan atau hilal dilaksanakan.


Sesuai namanya, balai rukyat ini berada di Bukit Condrodipo di Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas. Di sini terdapat kompleks pemakaman Kesultanan Giri Kedaton. Nama Condrodipo diambil dari makam suami-istri di kompleks ini, yaitu Mbah Condrodipo dan Nyai Condrodipo.


Sebelum Condrodipo, dahulunya ada enam titik di Gresik yang dijadikan titik pemantauan hilal. Atas beberapa pertimbangan, kemudian Condrodipo diresmikan sebagai balai rukyat pada tahun 2014, di masa Bupati Gresik dijabat oleh almarhum KH Robbah Ma’shum.


Lokasi Condrodipo dipilih karena berada di dataran tinggi dengan pemandangan luas tanpa halangan. Posisi itu ideal untuk memantau hilal di arah barat bagian utara. Saat ini, balai rukyat sudah dilengkapi ragam fasilitas, seperti gawang dengan alat ukur arah, theodolit elektronik, aplikasi-aplikasi astronomi, hingga teleskop dan teropong Bumi.


Gus Inwan Nuddin, Dewan Pakar LFNU Gresik, menuturkan, sebelum Condrodipo ditemukan atau diresmikan, tim LFNU biasanya melakukan rukyatul hilal di Pantai Ujungpangkah. Saat itu, teropong untuk memantau hilal ditancapkan di atas perahu. Itu menjadi kendala karena pemantauan tidak fokus karena bergoyang-goyang karena guncangan ombak.


"Padahal ketika rukyatul hilal suasana harus tenang, begitu juga dengan alat yang kita pakai," katanya dikutip Jumat.


Sembari berkoordinasi dengan pihak pemerintah, LFNU kemudian berpikir mencari lokasi rukyat di darat. Lalu ditemukanlah lokasi yang tepat yang digunakan sampai sekarang, yaitu Bukit Condrodipo. “Akhirnya tempat Condrodipo itu menjadi tempat resmi balai rukyatul hilal LFNU Gresik," ujarnya.


"Untuk agenda menentukan 1 Ramadhan 1443 Hijriyah, rukyatul hilal LFNU Gresik akan melaksanakn pada hari Jumat 1 April 2022 dengan melibatkan tim rukyatul hilal LFNU, Pemerintah Kabupaten Gresik dan ormas di Gresik," pungkas Gus Inwan.


Metropolis Terbaru