• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Metropolis

Menuju Madrasah Digital, KKMI Dukun Gresik Gelar Bimtek Erkam

Menuju Madrasah Digital, KKMI Dukun Gresik Gelar Bimtek Erkam
Bimbingan Teknis Erkam oleh KKMI Dukun, Gresik guna menuju madrasah berbasis digital. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)
Bimbingan Teknis Erkam oleh KKMI Dukun, Gresik guna menuju madrasah berbasis digital. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)

Gresik, NU Online Jatim

Peningkatan mutu sebuah lembaga pendidikan menjadi tuntutan di era digital. Tak terkecuali lembaga pendidikan madrasah juga harus terus adaptasi dengan teknologi yang berkembang.


Untuk menunjang hal itu, Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik menggelar bimbingan teknik (bimtek) Erkam untuk madrasah. Kegiatan ini dipusatkan di MI Tanwirul Qulub Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Desa Wonokerto, Kecamatan Dukun, Gresik, Rabu (29/12/2021). 


Ketua KKMI Dukun Nurus Shobah mengatakan, bimtek Erkam ini sangat penting karena termasuk bagian dari ruh madrasah. Selain itu, juga sebagai tindak lanjut dari bimtek Edm Erkam yang dilaksanakan secara online beberapa waktu lalu. 


“Karena pasca bimtek online kemarin ada banyak keluhan dari peserta karena dianggap belum maksimal," tuturnya.


Shobah berharap, bimtek ini bisa diaplikasikan oleh pengelola masing-masing madrasah, dengan melakukan sinergi semua pihak yang terlibat dalam merencanakan dan menganggarkan keuangan madrasah melalui aplikasi Erkam.


Pihaknya pun mengaku bersyukur atas dilaksanakannya kegiatan tersebut. “Semoga yang telah kami upayakan dapat bermanfaat bagi semuanya. Mengingat, pada bimtek ini juga dilakukan praktik langsung, tidak hanya terori atau materi saja,” terangnya.


Menurutnya, sasaran dari kegiatan ini di antaranya ialah kepala madrasah, bendahara madrasah, dan operator. Karena dalam Erkam sendiri memuat banyak rencana kerja dan anggaran madrasah yang berbasis elektronik.


“Erkam ini adalah aplikasi pengelolaan keuangan madrasah, mulai dari proses perencanaan, penganggaran, penatausahaan, dan pelaporan yang dapat diakses secara online maupun semi online,” ungkapnya.
 


Diketahui, hadir dalam bimtek tersebut Pengawas Madrasah Kecamatan Dukun Ahmad Fauzan dan Siti Zur'ah, serta Mulyono, narasumber dari Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Gresik.


Metropolis Terbaru