• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 8 Desember 2022

Kediri Raya

KH Busro Terpilih Jadi Ketua MUI Kabupaten Kediri

KH Busro Terpilih Jadi Ketua MUI Kabupaten Kediri
Musda MUI Kabupaten Kediri. (Foto: NOJ/ Muwaffaq)
Musda MUI Kabupaten Kediri. (Foto: NOJ/ Muwaffaq)

Kediri, NU Online Jatim

KH Busrol Karim Abdul Mughni, Rais Syuriyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kediri terpilih menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2021-2026 kabupaten setempat.

 

Kiai Busrol Karim terpilih dalam Musyawarah Daerah (Musda) MUI Kabupaten Kediri yang dilaksanakan di Hotel Insumo pada Rabu (29/12/2021).

 

Agenda Musda ini diawali dengan Pra-Musda pada hari Sabtu (25/12/2021) yang dihadiri oleh perwakilan MUI kecamatan. Kemudian dilanjutkan dengan Musda MUI pada hari ini.

 

Dafid Fuadi selaku sebagai salah satu peserta Musda MUI Kabupaten Kediri mengatakan, proses pemilihan ketua umum diawali dengan pemilihan tim formatur oleh setiap pemilik suara. Selanjutnya, tim formatur memilih ketua umum. "Hampir sama dengan sistem pemilihan Ahlul Halli wal Aqdi (Ahwa) di Muktamar Nahdlatul Ulama," terangnya.

 

Ketua Komisi Kajian dan Penelitian MUI Kabupaten Kediri periode 2016-2021 itu berharap, kedepan lembaganya di bawah kepemimpinan Kiai Busro bisa lebih baik. Terutama di dalam menghadapi tantangan umat dan bangsa yang sangat komplek.

 

Gus Dafid juga meminta agar ada program yang lebih luas dan sesuai dengan cita-cita MUI yaitu merekatkan keutuhan seluruh bangsa dan umat. "MUI membuat program yang membantu kebutuhan umat," pungkasnya.

  

Hanindhito Himawan Pramana selaku Bupati Kediri mengajak MUI untuk berkerja sama dan aktif didalam membantu pemberantasan aksi dan kegiatan radikalisme di wilayahnya. "MUI bekerja sama dengan pemerintah dalam memberantas radikalisme," ucapnya.


Editor:

Kediri Raya Terbaru