• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Metropolis

1 ABAD NU

Nahdliyin Sidoarjo Bangga Jadi Tuan Rumah Resepsi 1 Abad NU

Nahdliyin Sidoarjo Bangga Jadi Tuan Rumah Resepsi 1 Abad NU
Gedung Kantor MWCNU Sidoarjo Kota yang berjarak dekat dengan Stadion Gelora Delta Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)
Gedung Kantor MWCNU Sidoarjo Kota yang berjarak dekat dengan Stadion Gelora Delta Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Warga Nahdliyin merasa bangga dengan ditunjuknya Kabupaten Sidoarjo menjadi tuan rumah pelaksanaan perhelatan akbar resepsi peringatan Hari lahir (Harlah) 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) pada 07 Februari 2023 besok lusa.


Sebagaimana diketahui, acara tersebut akan dipusatkan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo yang kebetulan berada di wilayah lingkungan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Sidoarjo Kota dan sejumlah persiapan dan koordinasi telah dilakukan oleh pengurus di sana.


Ketua MWCNU Sidoarjo Kota, H Abdul Roqib Ma’some mengatakan telah melakukan koordinasi dengan 24 Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU), kepala kelurahan, dan kepala desa se-Kecamatan Sidoarjo Kota. Khususnya terkait pengumpulan bantuan nasi bungkus dari 24 PRNU, pembukaan posko, dan penyediaan tempat transit bagi peserta resepsi 1 Abad NU.


“Kami bersama panitia sudah membentuk tim koordinator untuk wilayah Barat, tengah atau Selatan, dan Timur, serta koordinator ranting NU masing-masing,” katanya kepada NU Online Jatim, Ahad (05/02/2023).


H Roqib mengungkapkan, semua elemen masyarakat dan pemerintah setempat mendukung penuh demi suksesnya pelaksanaan resepsi 1 Abad NU. Bahkan, seluruh kantor kelurahan dan kantor kepala desa dijadikan sebagai posko ranting NU.


Selain itu, kantor MWCNU Sidoarjo Kota yang beralamat di Jalan Jati Selatan IV No 17 Jati juga menyediakan tempat transit bagi peserta. Pihaknya telah menyiapkan 150 lebih tempat untuk transit tamu dan gratis, tempat yang disediakan berupa masjid, mushala, gedung sekolah, balai desa, dan lainnya.


“Menariknya, masjid Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) dan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), gereja, serta klenteng juga menginginkan untuk ditempati tamu peserta 1 Abad NU sekaligus siap menyediakan konsumsinya.


Lebih lanjut, semua RT dan RW terlibat pengumpulan nasi bungkus atas instruksi kepala kelurahan dan kepala desanya, masing-masing ranting bertugas mengumpulkan sebanyak 1.500-10.000 nasi bungkus.


“Tak ingin ketinggalan, warga Nahdliyin yang berada di ring 1 atau sekitar stadion yakni ranting NU Magersari, Jati, Lemahputro, dan Sidokumpul juga turut berpartisipasi dengan mempersilahkan para tamu peserta 1 Abad NU untuk menggunakan toilet rumahnya,” paparnya.


Mulai besok Senin siang seluruh relawan ojek gratis MWCNU Sidoarjo Kota yang memakai tanda pengenal siap mengantarkan jamaah ke lokasi sekitar stadion atau menuju tempat transit, termasuk dimulainya pembagian nasi bungkus gratis.


“Kami juga akan menyediakan makan dan minum gratis, toilet gratis, serta juga tempat singgah, ada pula layanan pijat tusuk jari gratis oleh H Mustofa Blurukidul,” tandasnya.


Dijelaskan, MWCNU Sidoarjo Kota bekerjasama dengan Lembaga Amil, Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) MWC Sidoarjo Kota berencana ingin mendirikan posko bersama di tiga lokasi yakni di depan Masjid Baitur Rohman Jati, Kantor Kecamatan Sidoarjo Kota, dan Kantor BPPD atau Keperawatan.


“Posko tersebut nantinya akan memberikan layanan air minum dan kopi gratis kepada tamu yang hadir,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru