• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Metropolis

Peduli Yatim-Dhuafa, LAZISNU di Sidoarjo Luncurkan Kartu Pengobatan Gratis

Peduli Yatim-Dhuafa, LAZISNU di Sidoarjo Luncurkan Kartu Pengobatan Gratis
Santunan kepada yatim dan dhuafa oleh LAZISNU Kebonagung, Sukodono, Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)
Santunan kepada yatim dan dhuafa oleh LAZISNU Kebonagung, Sukodono, Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Unit Pengelola Zakat, Infak, Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil, Zakat, Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Desa Kebonagung, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, meluncurkan kartu Layanan Pengobatan Gratis (LPG) di Mushala Ukhuwah Islamiyah Perumahan Dian Regency, desa setempat, Jumat (15/04/2022).


Imam Mahfudi, Ketua Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Kebonagung mengapresiasi atas terselenggaranya acara santunan tersebut. Menurutnya, program-program UPZIS LAZISNU Desa Kebonagung sudah banyak yang terealisasi.


“Kami sangat mendukung program LAZISNU Desa Kebonagung, harapan kami semoga kegiatan seperti ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja. Mudah-mudahan ke depan lebih baik lagi dan bisa menjadi contoh bagi LAZISNU Desa lainnya,” tuturnya kepada NU Online Jatim.


Sementara itu, Soni Suharsono, Ketua UPZIS LAZISNU Desa Kebonagung, mengatakan, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Rahman Rahim Sukodono dalam program layanan pengobatan gratis yang dimulai pada bulan Maret 2022 lalu.


“Melalui program kartu LPG yang diperuntukkan bagi anak yatim, dhuafa, dan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Kebonagung non Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  (BPJS),” katanya.


Lebih lanjut, Soni menambahkan, selain peluncuran secara simbolis 200 kartu LPG, dalam acara ini UPZIS LAZISNU Desa Kebonagung juga menyalurkan santunan berupa sejumlah uang tunai dan sembako bagi 40 anak yatim binaan serta 30 warga dhuafa sekitar.


“Kami juga memfasiltasi pemberdayaan ekonomi dan Alhamdulillah kemarin LAZISNU Desa Kebonangung sudah memberikan bantuan modal usaha kepada warga yang memiliki usaha catering. Ke depan yang akan kita gagas yaitu kerja sama di bidang pendidikan,” imbuhnya.​​​​​​


Abdurrahman, Divisi Program UPZIS LAZISNU Desa Kebonagung mengungkapkan, perolehan Koin NU Peduli yang berhasil dihimpun oleh UPZIS LAZISNU Desa Kebonagung saat ini mencapai tujuh juta per bulan.


“Dana tersebut kita pergunakan untuk pentasharrufan program pendidikan, sosial, ekonomi dan kesehatan,” ungkapnya.


Acara santunan ini dikemas dalam kegiatan buka bersama yang dihadiri oleh Kepala desa Kebonagung, Direktur Utama RS Rahman Rahim, jajaran PRNU Kebonagung beserta badan otonom (banom) dan lembaga. Tampak hadir pula, segenap pengurus UPZIS LAZISNU Desa Kebonagung dan tamu undangan lainnya.


Metropolis Terbaru