• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Metropolis

Pelajar NU di Mojokerto Disiapkan sebagai Pemimpin Unggul

Pelajar NU di Mojokerto Disiapkan sebagai Pemimpin Unggul
Pelaksanaan pembukaan kegiatan Makesta siswa-siswi MTs Nailussyukri, Mojokerto. (Foto: NOJ/Yulia NH)
Pelaksanaan pembukaan kegiatan Makesta siswa-siswi MTs Nailussyukri, Mojokerto. (Foto: NOJ/Yulia NH)

Mojokerto, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Gedeg Kabupaten Mojokerto menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) dan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS).

 

Kegiatan ini diikuti peserta yang merupakan pelajar dari MTs Nailussyukri yang rencananya akan mendirikan pimpinan komisariat.

 

Agenda ini dipusatkan di Madrasah Nailussyukri, Desa Jerukseger, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto selama tiga hari sejak Jumat-Ahad (19-21/11/2021). Acara ini mengusung tema ‘Reaktualisasi Penanaman Kader Yang Unggul dan Berdaya Saing’.

 

Ketua pelaksana M Rival Nur Muzaki mengatakan, kegiatan ini diadakan sebagai upaya untuk bekerja sama tentang pengkaderan pelajar NU di ranah komisariat.

 

“Karena yang pertama adalah pengkaderan, dan yang kedua adalah pendirian PK di PAC Gedeg. Dan tentunya kami menjawab surat dari LP Ma'arif untuk menghidupkan organisasi IPNU-IPPNU di ranah lembaga,” katanya kepada NU Online Jatim.

 

Menurut Rival, acara ini diikuti 36 siswa-siswi MTs Nailussyukri. “Untuk pemilihan siswa-siswinya sendiri dilakukan oleh pihak sekolah,” ujarnya.

 

Makesta ini diisi dengan materi Aswaja, IPNU-IPPNU, ke-organisasian, wawasan kebangsaan, leadership dan peraturan baris berbaris (PBB).

 

“Salah satunya kami ambil materi tentang leadership, karena kepemimpinan dalam organisasi itu adalah sebuah proses di mana seorang pemimpin memberikan contoh kepada pengikutnya untuk mencapai tujuan organisasi,” tandas Rival.

 

 

Pria kelahiran Mojokerto ini berharap, siswa MTs Nailussyukri nantinya menjadi kader yang memiliki softskill dalam kehidupan sehari-hari, disiplin, serta mempunyai rasa jiwa kepemimpinan yang berdaya saing dan unggul.


Editor:

Metropolis Terbaru