• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Metropolis

PORSENI NU

PWNU Jatim Buka Seleksi Atlet Sambut Porseni NU

PWNU Jatim Buka Seleksi Atlet Sambut Porseni NU
Kantor PWNU Jatim. (Foto: NOJ)
Kantor PWNU Jatim. (Foto: NOJ)

Surabaya, NU Online Jatim
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bakal menggelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) di Solo, Jawa Tengah 21 Januari 2023 mendatang. Guna menyiapkan hal itu, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim membuka seleksi atlet yang akan ikut serta dalam even nasional tersebut.


Penanggung jawab kontingen PWNU Jatim, KH Sunan Fanani mengatakan, ajang tersebut digelar dalam rangka peringatan 1 Abad NU. Menurutnya, kegiatan tersebut melibatkan tiga institusi, yakni pelajar atau tingkat sekolah, mahasiswa di perguruan tinggi, dan santri pesantren.


“Semuanya akan dipertemukan dalam suatu kegiatan di Solo sejak tanggal 21 Januari 2023 hingga sepekan ke depan,” ujarnya dilansir dari jpnews.id pada Rabu (30/11/2022).


Dirinya menjabarkan, Porseni NU tersebut terbagi dalam dua kategori, yakni olahraga dan seni. Rinciannya, di bidang olahraga meliputi sepak bola, badminton, bola voli, dan pencak silat. Sementara di bidang seni, ada lomba baca kitab kuning, hafalan nadzam Alfiyah, dan gerak jalan.


“Untuk kontingan PWNU Jatim nantinya ada dua tim, yakni Jatim 1 dan Jatim 2,” ungkap pria yang bertanggung jawab khusus tingkat pelajar tersebut.


Menurut Sekretaris Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Jatim itu, khusus tingkat pelajar pihaknya telah menyiapkan seleksi. Tahapan pertama yaitu seleksi administrasi yang dibuka hingga 30 November 2022 ini.


“Setelah itu dilakukan seleksi skill, kemampuan, sampai nanti dikumpulkan. Selanjutnya akan diumumkan nama-namanya sebagai calon atlet kontingen Jawa Timur,” tuturnya.


Dirinya menjelaskan, sejumlah ketentuan harus dipenuhi bagi calon atlet yang akan menjadi delegasi Jawa Timur. Di antaranya, peserta seleksi berasal dari sekolah di lingkungan NU atau sekolah Ma’arif NU.


Selain itu, ia merupakan kalangan masyarakat atau Nahdliyin yang memiliki prestasi, dan mengantongi bukti kepemilikan administrasi organisasi-organisasi NU, baik lembaga maupun badan otonom NU.


“Misalnya, ada siswa berprestasi, dan dia pernah mendapatkan juara di tingkat kabupaten/kota, tetapi dia memiliki latar belakang sebagai aktifis NU, yang bisa dibuktikan dengan surat atau kartu anggota,” terangnya.


Sementara ketentuan usianya ialah siswa kelas XI dan XII SLTA atau sederajat. “Ya, kira-kira dia itu kelahiran tahun 2005 atau 2006,” katanya.


Sebagai informasi, untuk sepak bola registrasi bisa dilakukan melalui laman https://bit.ly/sepakbolapelajarnu. Kemudian voli, https://bit.ly/bolavollipelajarnu, lalu badminton melalui https://bit.ly/bulutangkispelajar2023, dan pencak silat via laman https://bit.ly/pencaksilatpelajar2023.


Metropolis Terbaru