• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 30 November 2022

Metropolis

Ranting NU di Sidoarjo Gelar Musran ala Muktamar

Ranting NU di Sidoarjo Gelar Musran ala Muktamar
Musran ala Muktamar yang digelar PRNU Kelurahan Sepanjang, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Ahad (15/11/2020). (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)
Musran ala Muktamar yang digelar PRNU Kelurahan Sepanjang, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Ahad (15/11/2020). (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Kantor Nahdlatul Ulama (NU) Ranting Sepanjang yang berlokasi di jalan raya Sepanjang Tani, Kelurahan Sepanjang, Kecamatan Taman menjadi saksi terpilihnya Ustadz H Agus Maslan menjadi ketua Pimpinan Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Kelurahan setempat masa khidmah 2020-2025.

 

Proses pemilihan berlangsung secara demokratis melalui Musyawarah Ranting (Musran). Sedangkan pemungutan suara secara langsung dan rahasia. Musran yang digelar panitia kali ini sedikit berbeda, karena dikemas ala muktamar.

 

Musran dilangsungkan mulai pagi hingga sore hari, Ahad (15/11/2020). Kegiatan tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

 

Rangkaian acara diawali dengan registrasi peserta Musran, pembukaan, sambutan-sambutan. Kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan sidang pleno I, II, dan III.

 

Kegiatan ini dihadiri Ketua Majelis Wakil Cabang NU (MWCNU) Taman, Ustadz M Ali Imron beserta jajarannya, pegawai Kelurahan Sepanjang, pengurus ranting NU Sepanjang beserta Badan otonom (Banom) dan lembaga. Tampak hadir pula Tokoh masyarakat (Tomas) dan Tokoh agama (Toga) setempat.

 

Dalam Musran ini ada tiga tahapan sidang pleno. Tahap pertama pembahassan tata tertib Musran, yakni Anggaran Rumah Tangga (ART) ranting NU Sepanjang dalam lima tahun kedepan, serta tata cara pemilihan Rais dan ketua ranting.

 

Selanjutnya, sidang pleno kedua, Ketua Ranting NU periode sebelumnya menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) di hadapan semua peserta Musran. Terakhir, sidang pleno ketiga, jajaran pengurus ranting NU periode lama di demisionerkan oleh Rais Syuriyah, kemudian dilakukan pemilihan Rais dan Ketua Ranting secara demokrasi keorganisasian ala muktamar NU.

 

Ketua Panitia Musran sekaligus pemimpin sidang, Abdullah Fahrudin menjelaskan, pemilihan Rais dilakukan dengan mekanisme Ahwa oleh sejumlah ulama yang hadir. Sedangkan untuk menentukan Ketua Ranting NU dilakukan secara pemungutan suara langsung terhadap kandidat ketua hasil penjaringan panitia.

 

“Dalam pemilihan ketua ranting NU dan Rais kami lakukan melalui tiga tahapan sidang pleno ala muktamar NU. Tujuannya untuk memberikan edukasi bagi semua jajaran NU di tingkat ranting Sepanjang, terutama generasi muda NU yaitu GP Ansor, IPNU dan IPPNU,” kata ketua Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah NU (LAZISNU) ranting Sepanjang tersebut.

 

Sementara itu, Ketua Ranting NU Sepanjang terpilih, Ustadz H Agus Maslan menuturkan, dirinya memiliki kewajiban memegang amanah yang diberikan. Kendati demikan, ia akan tetap melanjutkan program-program yang telah dilaksanakan oleh kepengurusan periode sebelumnya sekaligus meningkatkannya.

 

“Sebagai ketua ranting terpilih, saya menyampaikan terimakasih atas amanah yang telah diberikan kepada saya. Kedepan, saya berkewajiban melanjutkan apa yang telah dilaksanakan oleh kepengurusan periode sebelumnya, yang kurang kami isi dan yang sudah ada akan kami tambahkan lagi, sehingga bisa tercapai apa yang menjadi tujuan kita bersama,” tuturnya.

 

Tarmuji, mantan Ketua Ranting NU Sepanjang dua periode, yang baru saja demisioner, memberikan ucapan selamat atas terpilihnya Ustadz H Agus Maslan sebagai ketua dan Ustadz H Suhermanto sebagai Rais Syuriyah PRNU Sepanjang masa khidmah 2020-2025.

 


 

Ia menambahkan, NU Sepanjang tergolong ranting yang maju, mandiri, dan kompak dengan berbagai program yang telah berhasil dilaksanakan.

 

“Semoga beliau berdua diberikan kemudahan dalam melaksanakan amanah yang telah diberikan oleh jamaah NU yang ada di ranting Sepanjang,” ujar sekretaris LAZISNU MWC Taman tersebut kepada NU Online Jatim.

 

Editor: Romza


Editor:

Metropolis Terbaru