• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Metropolis

Rutin, LAZISNU Mojokerto Salurkan Santunan bagi Mustahiq di Bulan Ramadlan

Rutin, LAZISNU Mojokerto Salurkan Santunan bagi Mustahiq di Bulan Ramadlan
Proses pemberian santunan untuk mustahiq. (Foto: NOJ/Indra)
Proses pemberian santunan untuk mustahiq. (Foto: NOJ/Indra)

Mojokerto, NU Online Jatim

NU Care-Lembaga Amil, Zakat, lnfaq, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Mojokerto membagikan 200 santunan kepada mustahiq diantaranya, golongan supir, tukang becak, marbot masjid atau mushala, pedagang kaki lima, kuli bangunan, dan lain sebagainya.

 

Sebelum pembagian santunan, kegiatan diawali dengan istighatsah dan do'a bersama disusul dengan buka bersama sekaligus shalat maghrib berjama'ah dan diakhiri dengan santunan.

 

Ketua LAZISNU Kabupaten Mojokerto, H Muhammad Rofi'udin mengatakan bahwa kegiatan santunan ini adalah salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap bulan Ramadlan. Kegiatan kali ini menggandeng berbagai pihak, diantaranya Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syari'ah (KSPPS) BMT Nusantara Majapahit dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Mojokerto.

 

"Kami berterima kasih kepada seluruh pihak, terutama dari BAZNAS Kabupaten Mojokerto, karena merespons baik penawaran kami untuk kegiatan sosial berupa santunan mustahiq ini. Kami berharap kerja sama ini terus berkesinambungan dan tidak hanya terhenti di sini," katanya pada NU Online Jatim, Ahad (09/10/2021) saat ditemui di kantor PCNU Kabupaten Mojokerto.

 

Dirinya berharap dengan sedikit bantuan yang diberikan ini bisa meringankan beban mereka terutama saat merayakan hari raya Idul Fitri nanti. 

 

"Mudah-mudahan tahun depan kita bisa memberikan yang lebih kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan", ungkapnya.

 

Lebih lanjut, dirinya berpesan kepada pengurus Unit Pengumpul Zakat, Infaq, dan Shadaqah (UPZIS) LAZISNU di tingkat kecamatan agar semua masjid dan mushalla NU yang ada di lingkungannya memiliki Surat Keputusan (SK) Jaring Pengelola Zakat, Infak, Shadaqah (JPZIS) LAZISNU, terutama bagi yang menghimpun Zakat, Infaq, Shadaqah (ZIS).

 

“Ini tugas kita semua untuk memberikan sosialisasi ke ranting-ranting, masjid, dan mushala NU yang dinaungi. Kalau di ranting sudah jalan, silahkan kemudian digerakkan kaleng Koin NU Peduli sebagai upaya kemandirian jam'iyyah kita,” tegasnya.

 

Editor: Risma Savhira


Metropolis Terbaru