• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Metropolis

Santri Bawean Raih Juara Lomba Baca Kitab Tingkat Jatim

Santri Bawean Raih Juara Lomba Baca Kitab Tingkat Jatim
Hisnil Mubarok, peraih juara lomba baca kitab kuning asal Bawean, Gresik. (Foto: NOJ/ Aminuddin).
Hisnil Mubarok, peraih juara lomba baca kitab kuning asal Bawean, Gresik. (Foto: NOJ/ Aminuddin).

Gresik, NU Online Jatim

Hisnil Mubarok, santri MBI Mambaul Falah, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik meraih juara terbaik pertama dalam ajang lomba Musabaqah Qiroatil Kutub (MQK) se Jawa Timur. Kegiatan ini digelar Program Studi (Prodi) Hukum Keluarga Islam Unugiri Bojonegoro secara virtual pada Jumat (19/11/2021).

 

"Diharapkan hal semacam ini menjadi motivasi bagi para santri untuk lebih semangat dalam belajar kitab kuning," ujar Kiai Ali Subhan, pengasuh Pondok Pesantren MBI Mambaul Falah.

 

Kiai Ali menyampaikaan, santri pondok pesantren MBI Mambaul Falah ini sudah tiga kali memenangkan juara lomba yang serupa di tingkat provinsi.

 

"Sebenarnya ada 7 santri dari MBI Mambaul Falah ini yang ikut serta dalam lomba tersebut, sebagai upaya memotivasi mereka untuk lebih semangat dalam belajar kitab kuning. Alhamdulillah, yang berhasil ada satu," jelasnya.

 

Diketahui, Hisnil Mubarok saat ini sedang diutus untuk belajar di salah satu pesantren di daerah Pare, Kabupaten Kediri beberapa bulan. Hal itu untuk meningkatkan kualitasnya sebagai santri salaf, yang nantinya akan mengabdi sebagai santri MBI Mambaul Falah kembali.

 

 

"Pondok pesantren MBI Mambaul Falah ini mengharap paling tidak ada 1 sampai 2 santri setelah lulus nantinya yang betul-betul salaf. Dengan metode mengutus santri untuk menambah wawasannya ke salah satu pondok salaf di pulau Jawa. Dan memang hal ini sengaja untuk dicetak sebagai ulama," terang Kiai Ali.


Editor:

Metropolis Terbaru