• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Metropolis

Wujudkan Lingkungan Bersih, Fatayat NU di Gresik Bersinergi Luncurkan Bank Sampah

Wujudkan Lingkungan Bersih, Fatayat NU di Gresik Bersinergi Luncurkan Bank Sampah
Sosialisasi dan lounching Bank Sampah Ranting Fatayat NU Daun. (Foto: NOJ/Rafi'ah)
Sosialisasi dan lounching Bank Sampah Ranting Fatayat NU Daun. (Foto: NOJ/Rafi'ah)

Gresik, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Bawean memprogramkan Gerakan Fatayat NU Sehat dan Cinta Lingkungan (Gafasalink) yang akan direalisasikan di setiap ranting se-Bawean. Berkenaan dengan hal tersebut, Pimpinan Ranting (PR) Fatayat NU Daun programkan Bank Sampah "Putri Majeti", yang diluncurkan oleh Kasi Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gresik, Umayyah, Sabtu (13/11).

 

"Alhamdulillah, pengurus Bank Sampah Putri Majeti di Ranting Fatayat NU Daun telah terbentuk. Saya sangat bersyukur dan mengapresiasi atas terbentuknya bank sampah ini. Melihat antusiasme dan semangat pengurus Fatayat NU saya yakin program ini akan berjalan dengan baik", jelas ketua PC Fatayat NU Bawean, Ustadzah Rafi'ah.

 

Rafi'ah, panggilan akrabnya menjelaskan, program ini bertujuan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat tanpa sampah (zero waste), merubah sampah menjadi berkah dan rupiah.

 

"Diharapkan nanti ada sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pemilahan sampah dan belajar merubah perilaku hidup bersih dari sampah. Ini yang terpenting, karena untuk merubah kebiasaan yang sudah nyaman itu sulit", katanya.

 

Hal ini juga mendapat apresiasi dari pemerintah Desa Daun dan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Hijau Daun. Dengan bukti diberikannya peluang kepada Pengurus Ranting Daun untuk memanfaatkan tempat pengelolaan sampah yang berlokasi di Dusun Daun Laut, Desa Daun, Sangkapura, Gresik ini.

 

Sebelum diluncurkan, di waktu yang sama juga dilakukan sosialisasi terkait cara pengelolaan bank sampah. Hal ini disampaikan oleh pihak PT PJB UP Gresik via Zoom Meeting dan juga DLH Gresik secara tatap muka langsung.

 

Umayyah, Kasi Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik mengungkapkan, tumpukan sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan polusi zat yang membahayakan makhluk hidup dan lingkungan.

 

"Menjaga lingkungan adalah tugas kita bersama. Dari sejak dulu kita sudah mengenal keterangan النظافة من الإيمان (An-Nadzafatu Minal Iman). Ini tinggal diaplikasikan dalam kehidupan kita", ungkapnya.


Metropolis Terbaru