• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Metropolis

Satukan Gerakan, NU Sidoarjo Gelar Safari Ramadhan Keliling MWCNU

Satukan Gerakan, NU Sidoarjo Gelar Safari Ramadhan Keliling MWCNU
Safari Ramadhan yang digelar oleh PCNU Kabupaten Sidoarjo di Aula Kantor MWCNU Kecamatan Sukodono, Sabtu (16/04/2022).(Foto: NOJ/Yuli Riyanto)
Safari Ramadhan yang digelar oleh PCNU Kabupaten Sidoarjo di Aula Kantor MWCNU Kecamatan Sukodono, Sabtu (16/04/2022).(Foto: NOJ/Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sidoarjo menggelar Safari Ramadhan 1443 Hijriyah dengan menyasar 18 Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) tingkat kecamatan.
 

KH Abdi Manaf, Wakil Rais PCNU Sidoarjo menuturkan, kegiatan Safari Ramadhan ini digelar dalam rangka untuk sosialisasi program-program PCNU Sidoarjo agar sama dengan gerakan yang ada di tingkat ranting Nahdlatul Ulama (NU) hingga MWCNU.
 

“Gerakan amaliyah, fikrah Nahdliyah dan harakah diniyah harus menjadi gerakan dari PCNU sampai di tingkatan ranting,” tuturnya saat menghadiri acara Safari Ramadhan di kantor MWCNU Sukodono, Sabtu (16/04/2022) malam.
 

Sementara itu, Wakil Ketua PCNU Sidoarjo H Miftakhul Ulum memaparkan beberapa poin hasil Musyawarah kerja (Musker) I PCNU Sidoarjo, salah satunya terkait rekomendasi eksternal dan internal. Dijelaskannya, rekomendasi eksternal lebih spesifik ditujukan bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo.
 

“Isi rekomendasi tersebut antara lain Pemkab Sidoarjo dituntut tegas kepada kelompok intoleran atau radikalisme baik yang ada di lembaga pendidikan, lingkungan masyarakat, organisasi, dan elemen apapun yang tidak berideologi Pancasila,” paparnya.
 

Selanjutnya, PCNU Sidoarjo meminta kepada Pemkab Sidoarjo untuk mengusulkan kepada pemerintah pusat agar  nama bandara udara di Kabupaten Sidoarjo diganti menjadi nama Abdurrahman Wahid.
 

“Berikutnya, dalam peringatan Hari Santri Nasional (HSN), Pemkab Sidoarjo diminta agar menginstruksikan kepada seluruh jajaran dibawahnya untuk melaksanakan peringatan HSN,” kata Miftakhul.
 

Adapun rekomendasi internal, PCNU merekomendasikan berdirinya sekolah atau madrasah di berbagai tingkatan pendidikan di lingkungan perumahan. Kemudian, PCNU Sidoarjo merekomendasikan dibukanya  Program Pasca Sarjana dan Doktoral di Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida).
 

“Terakhir, PCNU Sidoarjo berharap dan mengusulkan kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk bisa menjadi tempat berlangsungnya acara-acara PBNU yang berskala nasional seperti Muktamar, Konferensi besar (Konbes) dan Musyawarah nasional (Munas),” tandasnya.
 

Usai paparan rekomendasi hasil Musker I PCNU Sidoarjo, dilanjutkan dengan pemaparan program yang disampaikan secara bergantian oleh Pengurus Cabang (PC) NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), PC Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU, PC Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU), PC Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU), PC Lembaga Wakaf dan Pertanahan Nahdlatul Ulama (LWPNU) dan Badan Pengelola, Pengembangan dan Penyelamatan (BP3) Aset NU.
 

Diketahui, tim rombongan Safari Ramadhan PCNU Sidoarjo yang hadir yakni Wakil Rais, Pengurus Harian (PH) PCNU, pengurus lembaga, badan khusus dan badan otonom (banom). Acara ini diikuti oleh segenap pengurus MWCNU Sukodono beserta lembaga dan banom, serta Rais dan Ketua Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) se-Kecamatan Sukodono.


Editor:

Metropolis Terbaru