• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Metropolis

Setelah Madrasah di Gresik Laksanakan Ujian Berbasis Komputer

Setelah Madrasah di Gresik Laksanakan Ujian Berbasis Komputer
Siswa madrasah mengikuti UAMNU BK oleh LP Ma'arif NU Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)
Siswa madrasah mengikuti UAMNU BK oleh LP Ma'arif NU Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo)

Gresik, NU Online Jatim

Madrasah di bawah naungan LP Ma’arif NU Gresik telah mengikuti Ujian Madrasah Nahdlatul Ulama Berbasis Komputer (UAMNU BK) pada Rabu (23/03/2022). Ujian tersebut diharapkan bisa meningkatkan kualitas siswa dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.


UAMNU BK dikhususkan kepada siswa Kelas 6. Mabrur Ajmain, Sekretaris LP Maarif Gresik mengatakan, UAMNU BK dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan program organisasi Bidang Evaluasi dan Inovasi Pendidikan tentang peningkatan kualitas peserta didik di lingkungan madrasah/sekolah di LP Ma'arif NU Gresik.


"Harapan dengan dilaksanakannya UAMNU BK pada tahun ini, biar lembaga-lambaga di bawah naungan LP Ma’arif NU Gresik melek teknologi, karena di era saat ini kita tidak bisa lepas dari teknologi,” katanya kepada NU Online Jatim, Jumat (25/03/2022).


Di samping itu, lanjut dia, UAMNU juga sebagai sarana untuk menegaskan identitasa diri kelembagaan yang berciri Ahlussunnah waljamaah An-Nahdliyah.


Sementara itu, Ikhwan Haji, Ketua LP Ma’arif Dukun, mengatakan bahwa UAMNU BK diharapkan dapat meningkatkan peserta didik dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, terutama IT dan digitalisasi.


Karena itu dia bersyukur LP Ma’arif NU berhasisl melaksanakan UAMNU serentak tersebut. "Hal ini juga menjadi proses pembelajaran bagi peserta didik dalam menerapkan digitalisasi," paparnya.


Ikhwan menambahkan, kualitas pendidikan juga dilihat dari penerapan aplikasi digital di lembaga atau sekolah.


"Semoga ke depan LP Ma’arif NU semakin bermanfaat dan bisa memberikan edukasi dan inspirasi. Apalagi LP Ma’arif NU Gresik dipimpin ketua baru untuk masa khidmat 2021-2026, tentu harapan kita semua LP Ma;arif semakin maju dan berkembang,"ujar Ikhwan.


Metropolis Terbaru