• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 25 September 2022

Metropolis

Tim Halal Center Unusida dan IAIN Ponorogo Berkunjung ke UINSA Surabaya

Tim Halal Center Unusida dan IAIN Ponorogo Berkunjung ke UINSA Surabaya
Kunjungan Tim Halal Center Unusida dan IAIN Ponorogo ke UINSA Surabaya. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)
Kunjungan Tim Halal Center Unusida dan IAIN Ponorogo ke UINSA Surabaya. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Tim Halal Center Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) bersama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo melakukan kunjungan di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Senin (21/03/2022).


Kunjungan ini disambut langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UINSA Surabaya, Dr Muhid, dan Ketua UINSA Halal Center (UHC), Lilik Hamidah, beserta tim. Sementara pihak Unusida diwakili oleh Ketua Halal Center, Muhafidhah Novie, serta H Mohammad Munir, dari Tim Halal Center IAIN Ponorogo, beserta tim.


H Mohammad Munir menyampaikan, bahwa tujuannya bersama tim berkunjung adalah sebagai bentuk belajar, seiring dengan kebijakan Kementerian Agama terkait pembentukan Halal Center di kampus.


“Kami sangat berharap mendapatkan pencerahan-pencerahan. Mendapatkan bimbingan dari UINSA Surabaya, sehingga kami di Ponorogo bisa menindaklanjuti program pemerintah terkait dengan sertifikasi halal,” harapnya.


Hal senada juga disampaikan Muhafidhah Novie dari Halal Center Unusida. Ia berharap melalui kegiatan ini dapat menjadi bentuk sinergi antar perguruan tinggi dalam membentuk ekosistem halal di Indonesia. Menurutnya, hal seperti sangat penting untuk meningkatkan standarisasi produk.


“Banyak sekali mungkin pertanyaan-pertanyaan yang kami bawa. Apa saja yang harus kita siapkan? Tetapi kami belum tahu, apa yang harus kami lakukan? Intinya disitu,” jelas Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Unusida tersebut.


Dalam kesempatan tersebut, Lilik Hamidah menyampaikan paparan singkat terkait pengalaman singkat memimpin UHC. Ia menceritakan, bahwa UINSA merupakan satu dari tujuh PTKIN yang terpilih untuk program sertifikasi halal pada akhir 2021. Ia juga menyampaikan saran dan masukan bagi Halal Center di masing-masing lembaga sebagaimana yang telah dilakukan UHC.


“Saat itu, program itu memang program luar biasa. Karena akhir tahun dan harus selesai pertengahan Desember,” ungkapnya.


Menurutnya, melalui UHC inilah UINSA berupaya melaksanakan sosialisasi dan edukasi Jaminan Produk Halal, Pendirian Lembaga Pemeriksa Halal, Penyiapan SDM di bidang halal. “Termasuk pula pengembangan riset di bidang halal, dan sebagainya,” tandasnya.


Metropolis Terbaru