• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 2 Desember 2022

Metropolis

Gerakan Pramuka Unusida Diapresiasi Wabup Sidoarjo

Gerakan Pramuka Unusida Diapresiasi Wabup Sidoarjo
Wabup Sidoarjo H Subandi saat di Unusida. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)
Wabup Sidoarjo H Subandi saat di Unusida. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo H Subandi mengapresiasi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Khatulistiwa Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida). Apresiasi itu disampaikan saat membuka Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD), Sabtu (19/03/2022).


Ia mengatakan, bahwa peran aktif mahasiswa calon tenaga pendidik sangat penting. Utamanya dalam upaya menyiapkan pembina pramuka yang berkualitas di wilayah Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Sidoarjo.


“KMD ini juga sebagai wahana kerja sama aktif produktif antara Kwarcab Gerakan Pramuka Sidoarjo dan Unusida sebagai upaya peningkatan kualitas pembina pramuka. Sudah seharusnya sebagai calon tenaga pendidik juga mahir dalam meningkatkan karakter peserta didik yang diajarkan melalui kegiatan pramuka,” ujarnya.


Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sidoarjo itu juga mengatakan, bahwa tantangan adanya Pramuka di perguruan tinggi saat ini adalah mampu eksis dalam berkegiatan serta pengembangan Gerakan Pramuka ke arah yang lebih baik. Satya Darma Pramuka yang dijadikan pedoman bagi anggota Pramuka hendaknya selaras dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.


“Hal tersebut menarik untuk kita pahami dan pelajari, agar dua hal tersebut dapat diimplementasikan dengan baik guna kebutuhan di tengah masyarakat saat ini,” terangnya.

 

Dirinya menjelaskan. bahwa mahasiswa yang merupakan tenaga pemikir, penganalisa, dan penalar dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karenanya, ia harus senantiasa berinovasi agar terus berkembang.


“KMD ini adalah sebuah motivasi bagi seluruh peserta agar lebih semangat menjadi pembina Pramuka. Sehingga dapat mencetak karakter generasi masa depan bangsa ini menjadi pemimpin-pemimpin yang bisa diandalkan, terutama di kampus Unusida,” harapnya.


Subandi berharap, agar hasil kegiatan ini dapat menjadi bekal pengetahuan, keahlian, serta kemampuan bagi setiap pembina. Menurutnya, adanya partisipasi aktif pembina Pramuka tentu dapat mendorong peningkatan pendidikan karakter bagi peserta didik di setiap gugus depan.


“Semoga seluruh peserta dapat menerapkan ilmu dan pengalamannya sehingga memberikan manfaat dan peningkatan bagi masa depan,” pungkasnya.
 


Diketahui, kursus ini merupakan kerja sama Unusida dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Gerakan Pramuka Sidoarjo. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 130 mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unusida.


Metropolis Terbaru