• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Metropolis

Sinergi SMK Islam Krembung dan Unusida Kembangkan Kualitas Pendidikan

Sinergi SMK Islam Krembung dan Unusida Kembangkan Kualitas Pendidikan
Sinergi SMK Islam Krembung dengan Unusida. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)
Sinergi SMK Islam Krembung dengan Unusida. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Islam, Rejeni, Krembung, Sidoarjo menjalin kerja sama dengan Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida). Kerja sama ini merupakan upaya mewujudkan lulusan SMK yang siap Bekerja, Melanjutkan Kuliah, dan juga Wirausaha (BMW).


“Kerja sama ini merupakan bentuk sinergi antara sekolah di bawah naungan LP Ma’arif NU dengan perguruan tinggi di lingkup Nahdlatul Ulama. Tentunya hal ini juga untuk mengawal pendidikan bagi generasi muda NU,” ujar Kepala Sekolah SMK Islam Rejeni, Krembung, Rudi Hariyanto, Kamis (10/03/2022).


Rudi menyampaikan, bahwa tiga pilihan tersebut harus mulai direncanakan dengan baik sejak dini. Meskipun mayoritas lulusan SMK ingin bekerja, ia menyarankan agar lulusan SMK juga dapat melanjutkan studi di perguruan tinggi.


“Kesempatan untuk belajar di perguruan tinggi hanya diperoleh sebagian orang. Dan kami berharap dapat belajar dimana pun ia nantinya. Karena Allah akan mengangkat derajat orang yang mencari ilmu,” ungkapnya.


Ia pun menyambut baik kehadiran mahasiswa Unusida dalam mengenalkan perguruan tinggi NU. Hal ini menurutnya penting dilakukan guna memantik semangat dalam menghadapi tantangan masa depan.


Sementara itu, Kepala Bagian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unusida, Achmad Wahyudi sangat mengapresiasi adaya program sekolah ma’arif yang memfasilitasi dan memperhatikan alumni agar dapat berkembang setelah lulus sekolah.


“Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa kualitas sekolah NU tidak perlu diragukan lagi dalam peningkatan kapasitas masing-masing,” ujarnya.


Pria yang juga Ketua Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Krembung ini menjelaskan, pihaknya akan mendukung program ini. Bahkan, menurutnya hal ini perlu juga diterapkan di sekolah di bawah naungan LP Ma’arif NU se-Kabupaten Sidoarjo.
 


“Unusida sangat siap dan terbuka untuk masyarakat Nahdliyin agar dapat melanjutkan studi di perguruan tinggi. Karena sudah sepatutnya Unusida menjadi rujukan pagi setiap orang tua dalam memilih kampus untuk anaknya,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru