• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 29 November 2022

Metropolis

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Unisma-PCNU Bawean Jalin Kerja Sama

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Unisma-PCNU Bawean Jalin Kerja Sama
Penandatanganan kerja sama antara Unisma dengan PCNU Bawean, Gresik. (Foto: NOJ/Aminuddin)
Penandatanganan kerja sama antara Unisma dengan PCNU Bawean, Gresik. (Foto: NOJ/Aminuddin)

Gresik, NU Online Jatim

Universitas Islam Malang (Unisma) melakukan kerja sama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bawean, Kabupaten Gresik. Digelar di Aula Madrasah Aliyah Umar Mas’ud, Kecamatan Sangkapura, kerja sama dikukuhkan dalam acara konsolidasi PW LP Ma’arif NU Jawa Timur dan LP Ma’arif NU Bawean pada Kamis (24/02/2022).


Selain sejumlah pengurus PCNU dan LP Ma’arif NU, konsolidasi dihadiri seluruh kepala madrasah se-Bawean. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka pengembangan SDM pengelola madrasah di lingkungan LP Ma’arif NU, khususnya di Bawean.


"Sungguh kami mendapatkan sebuah kehormatan yang luar biasa karena Kiai Aziz, Ketua LP Ma'arif NU Bawean, semangatnya itu luar biasa. Sampai-sampai memberi pengantar yang semangatnya itu luar biasa. Ini merupakan pejuang Nahdlatul Ulama. Bahkan Kiai Fauzi, Ketua PCNU Bawean, juga mengkritik kenapa pendidikan di Pulau Bawean belum maju-maju," kata Prof Maskuri, Rektor Unisma.


Ia mengaku akan mengupayakan komunikasi dengan kampus-kampus yang berkomitmen untuk mengembangkan pendidikan di Pulau Bawean, di antaranya dengan Universitas Indonesia. "Dan juga bersama Wakil Ketua MPR RI asal Bawean, Bapak Jazilul Fawaid. Beliau sering bertemu dengan saya dalam satu forum, dan mau tidak mau kita memang harus bersama-sama untuk melakukan perubahan di Bawean," ujar Maskuri.


Sementara itu, Kiai Muhammad Fauzi, Ketua PCNU Bawean, menyampaikan terima kasih kepada Unisma yang bersedia bekerja sama dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Pulau Bawean, terutama di lingkungan NU.


"Bawean ini dari sisi pendidikan selalu membutuhkan bantuan dan sentuhan. Selama yang saya tahu, lembaga pendidikan formal di Bawean ini berjalan walaupun tidak terlalu cepat, terutama di lingkungan NU. Kalau jumlahnya memang bertambah terus, cuma kualitasnya memang harus ditingkatkan dengan melakukan usaha yang sungguh-sungguh dan serius," tutur Kiai Fauzi.


Ia mengaku berbahagia sekali ketika dihubungi untuk melakukan kerja sama dengan Unisma di bidang pendidikan. Selanjutnya, pihaknya akan menggelar pelatihan-pelatihan dan pengembangan SDM bagi kepala madrasah di lingkungan LP Ma’arif NU Bawean.


Kiai Abd Aziz, Ketua LP Ma’arif NU Bawean, menuturkan bahwa Maskuri memiliki kedekatan emosional dengan  Bawean. Istri Maskuri adalah asli pulau kecil di utara Gresik itu, tepatnya di Dusun Pangherangan, Desa Tanjungsari, Kecamatan Tambak.  


Metropolis Terbaru