• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Pendidikan

Sinergi MBKM, Unisma Jalin MoU dengan Dua Institut

Sinergi MBKM, Unisma Jalin MoU dengan Dua Institut
Penandatanganan MoU oleh Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si dengan IAI Al-Qur’an Al-Ittifaqiah Indralaya, Sumatra Selatan dan IST Annuqayah, Madura. (Foto/Dokumen Unisma)
Penandatanganan MoU oleh Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si dengan IAI Al-Qur’an Al-Ittifaqiah Indralaya, Sumatra Selatan dan IST Annuqayah, Madura. (Foto/Dokumen Unisma)

Malang, NU Online Jatim
Universitas Islam Malang (Unisma) mendapat kunjungan silaturrahim sekaligus penandatanganan nota kesepahaman dengan Institut Agama Islam (IAI) Al-Qur’an Al-Ittifaqiah Indralaya, Sumatra Selatan dan Institut Sains dan Teknologi (IST) Annuqayah, Madura, Selasa (25/01/2022).

 

Rektor Unisma Prof Dr H Maskuri Msi mengatakan, penandatanganan nota kesepahaman tersebut antara lain untuk menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi baik di bidang pendidikan, pengajaran, penelitian, maupun pengabdian dalam masyarakat.

 

“Sederet program yang kami akan sinergikan salah satunya adalah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Seperti join riset, pertukaran mahasiswa, Kuliah Kerja Nyata (KKN) bersama, hingga Internal Conference untuk penguatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM),” katanya.

 

Prof Maskuri menjelaskan, targetnya agar bisa saling berbagi dengan pengembangan kampus maupun kurikulum tentunya kolaborasi ini tidak sekedar tanda tangan.

 

“Tetapi langsung aksi nyata yang insya Allah termasuk inbound dan outbound yakni semacam pertukaran mahasiswa,” jelasnya.

 

Sementara itu, Rektor IAI Al-Qur’an Al-Ittifaqiah Indralaya, Dr Hj Muyasaroh MPdI mengaku kagum dengan Unisma, karena telah berhasil menjalin kerja sama yang sangat luar biasa dengan berbagai pihak.

 

“MoU ini kaitannya dengan bagaimana kami mengelola perguruan tinggi yang bagus dan kami optimis kerja sama ini akan luar biasa. Kami berharap suatu saat Rektor Unisma bisa jadi di Sumatera Selatan untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa,” ungkapnya.

 

Senada dengan itu, Rektor IST Annuqayah, H Mohammad Hosnan MPd menambahkan bahwa, sinergi ini dinilai sangat strategis. Mengingat Unisma masuk dalam peringkat lima besar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik. Dirinya tidak hanya bersilaturahmi, ia juga ingin belajar banyak hal.

 

“Kami ingin bisa belajar banyak tentang pendidkan, budaya mutu, pengelolaan SDM, termasuk pengelolaan kurikulum MBKM. Saya kira tidak salah kami meminta bimbingan dari Unisma ini,” tandasnya.


Editor:

Pendidikan Terbaru