• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 8 Desember 2022

Mitra

Unisma Jalin Kerja Sama dengan PCNU Kabupaten Malang Bidang Pendidikan hingga Kesehatan

Unisma Jalin Kerja Sama dengan PCNU Kabupaten Malang Bidang Pendidikan hingga Kesehatan
Penandatangan MoU Unisma dengan PCNU Kabupaten Malang disela-sela pelantikan. (16/02/2022). (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)
Penandatangan MoU Unisma dengan PCNU Kabupaten Malang disela-sela pelantikan. (16/02/2022). (Foto: NOJ/Madchan Jazuli)

Malang, NU Online Jatim

Ada yang berbeda dalam pelantikan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Malang masa khidmah 2021-2026. Pasalnya juga dilaksanakan Memorandum of Understanding (MoU) atau kerja sama dengan berbagai instansi, salah satunya Universitas Islam Malang (Unisma).

 

Rektor Unisma, H Maskuri mengungkapkan, banyak hal yang bisa disinergikan dengan PCNU Kabupaten Malang. Karena Unisma bergerak di bidang pendidikan tentu untuk meningkatkan kualitas guru. Termasuk juga dalam bidang pertanian, karena di Kabupaten Malang sumber pendapatannya banyak dari sektor pertanian.

 

"Kita sudah punya pertanian, peternakan, bahkan kemarin juga sudah bicara lebih lanjut terkait klinik di masing-masing kecamatan. Itu nanti bisa didampingi oleh Fakultas Kedokteran Unisma dengan rumah sakit," kata pria yang akrab disapa Prof Maskuri tersebut ditemui usai pelantikan di Pendopo Kabupaten Malang, Rabu (16/02/2022).

 

Kegiatan dengan tema besar 'Menata Jam'iyyah, Menggerakkan Jama'ah Menuju Satu Abad NU' ini, diharap bisa menjadi langkah awal untuk memberdayakan masyarakat hingga menuju kemandirian. Jika kemandirian sudah dicapai, maka stabilitas kehidupan bermasyarakat lebih bagus.

 

"Apalagi PBNU sudah mengusung NU mandiri, NU mendukung perdamaian dunia. Dua jargon ini luar biasa, karena itu saya sangat support, elemen-elemen NU yang ada di Indonesia termasuk perguruan tinggi itu sudah mulai banyak dilibatkan dalam meningkatkan kualitas berbagai macam sumber daya," ungkapnya.

 

Pria kelahir Tuban pada tahun 1967 ini mengaku, bukan hanya sekadar sumberdaya manusia, tapi juga bisa pertanian, kesehatan, lingkungan dan ekonomi. Termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dari hari kian pesat di era digital.

 

"Tadi disampaikan oleh ketua PBNU, karena di Unisma ini memiliki 36 program studi, sangat mungkin banyak hal yang bisa disinergikan," tegasnya.

 

Sebagai informasi, Ketua PCNU Kabupaten Malang diemban oleh KH Hamim Kholili yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 2 Desa Putukrejo Gondanglegi. Sementara KH Zainul Arifin sebagai Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Malang.

 

Menurut KH Hamim Kholili, ada belasan pihak akan menjalin kerja sama dengan PCNU Kabupaten Malang. Di antaranya yakni perguruan tinggi, rumah sakit, perusahaan dan lembaga sosial serta keagamaan lainnya. Kerja sama tersebut dilangsungkan dalam penandatanganan MoU saat pelantikan berlangsung.

  

"Lembaga yang ada nantinya jadi kepanjangan tangan PCNU. Tentunya ada rencana strategis bersama yang disinergikan dengan berbagai pihak termasuk Pemerintah Kabupaten Malang," ungkap Gus Hamim.


Editor:

Mitra Terbaru