• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 29 November 2022

Metropolis

Peduli Warga, LAZISNU di Sidoarjo Luncurkan Kartu Sehat

Peduli Warga, LAZISNU di Sidoarjo Luncurkan Kartu Sehat
Peluncuran dan penyerahan secara simbolis Karsela kepada warga setempat oleh UPZIS LAZISNU Desa Banjarsari, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto).
Peluncuran dan penyerahan secara simbolis Karsela kepada warga setempat oleh UPZIS LAZISNU Desa Banjarsari, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Banjarsari, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo masa khidmat 2021-2026 resmi dilantik, Sabtu (19/03/2022). Kegiatan yang dipusatkan di Masjid Sabilil Mustaqim desa setempat juga diisi dengan santunan anak yatim dan peluncuran Kartu Sehat LAZISNU atau Karsela.


Ketua PRNU Banjarsari, M Nidhlomuddin mengapresiasi atas penyaluran sejumlah santunan dan peluncuran Karsela yang dilakukan oleh Unit Pengelola Zakat, Infaq, Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Desa Banjarsari.


“Salah satu fokus kita memang pada bidang pemberdayaan ekonomi dan kesehatan warga. Sejak bulan Nopember tahun lalu hingga saat ini LAZISNU Banjarsari telah menyantuni 156 warga yang sakit, belum lagi penyaluran bantuan-bantuan lainnya,” kata pria yang juga Kepala Desa (Kades) Banjarsari tersebut kepada NU Online Jatim.


Sementara itu, Ketua UPZIS LAZISNU Desa Banjarsari Kisbul Maulana mengatakan, pada kesempatan ini pihaknya meluncurkan 400 Kartu Sehat LAZISNU (Karsela) gratis. Adapun sumber dananya berasal dari hasil perolehan Koin (Kotak Infaq) NU Peduli.


“Hal ini sebagai wujud kepedulian kami terhadap kesehatan Nahdliyin di Desa Banjarsari. Semua pemegang Karsela ini bisa berobat secara gratis ke bidan dan klinik setempat. Semua pembiayaan nantinya akan ditanggung oleh UPZIS LAZISNU Desa Banjarsari,” terangnya.


Ia juga menjelaskan, bahwa santunan tersebut menyasar 31 anak yatim. Sementara santunan tersebut berupa uang tunai Rp200 ribu dan Sembilan bahan pokok atau sembako.


“Selain itu, kami juga bekerja sama dengan NU Care-LAZISNU Kabupaten Sidoarjo untuk menyerahkan bantuan satu unit rombong usaha kepada Ibu Siti Muliah,” katanya.


Diketahui, acara tersebut dihadiri oleh Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo KH Zainal Abidin dan Ketua NU Care-LAZISNU Sidoarjo Abdul Mujib. Tampak hadir pula pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Buduran, PRNU Banjarsari beserta lembaga dan banom NU, serta tamu undangan lainnya.


Sementara puncak acara diisi dengan Mauidhah Hasanah oleh Wakil Rais Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Ali Maschan Moesa.


Metropolis Terbaru