• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 2 Oktober 2022

Metropolis

Ada Samsat Kampus, Bayar Pajak Kini Bisa di Unusida

Ada Samsat Kampus, Bayar Pajak Kini Bisa di Unusida
Peluncuran Samsat Kampus di Unusida Sidoarjo. (Foto: NOJ/Maschan Yusuf)
Peluncuran Samsat Kampus di Unusida Sidoarjo. (Foto: NOJ/Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Kabar gembira bagi sivitas academika Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida). Pasalnya, Koperasi Dosen, Karyawan, Mahasiswa (Dokma) Unusida secara resmi meluncurkan Samsat Kampus pada Rabu (09/03/2022) di Kampus 2 Unusida Jalan Lingkar Timur KM 5,5, Desa Rangkahkidul, Kabupaten Sidoarjo.​​​​​​​


Samsat Kampus yang bekerja sama dengan Bank Jatim SiPandai merupakan layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif yang disediakan oleh Bank Jatim melalui Agen Laku Pandai yang telah ditunjuk oleh Bank Jatim dalam memberikan layanan perbankan sebagai perwakilan Bank Jatim.


Pelayanan Samsat Kampus secara daring ini bisa diakses melalui Agen SiPandai Berkat kerja sama dengan Bank Jatim dan Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Provinsi Jawa Timur, kini telah tersedia pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) daring di kampus.


Tampak hadir dalam pembukaan Samsat Kampus ini, Hadi Ismanto, Wakil Rektor I Unusida; Ali Masykuri, Ketua Koperasi Dokma Unusida; Ari Suryono, Kepala Unit Pelaksana Teknis BPPD Kabupaten Sidoarjo; pimpinan Bank Jatim Cabang Sidoarjo; dan Kepala Jasa Raharja Sidoarjo.​​​​​


Hadi Ismanto mengatakan bahwa pembukaan Samsat On Campus ini merupakan langkah maju dan strategis serta sebagai salah satu terobosan dalam perbaikan pelayanan publik khususnya terhadap pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan pengesahan surat tanda nomor kendaraan (STNK) setiap tahunnya.


Selain sivitas akademika, pelayanan seperti ini juga mempermudah masyarakat sekitar dalam melakukan transaksi pembelian token listrik dan pulsa, hingga pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan lainnya.


“Bagi Unusida, adanya Samsat daring di kampus ini merupakan sistem pelayanan terpadu untuk menjangkau mahasiswa, dosen, karyawan, dan masyarakat sekitar agar dapat mudah melakukan berbagai transaksi,” ujar Hadi Ismanto.


Sementara itu, Ari Suryono berharap bahwa adanya Samsat Kampus ini dapat membantu dan mempermudah Sivitas Akademika Unusida agar tertib administrasi dan membayar pajak. Ia sangat mengapresiasi sinergitas antara perguruan tinggi NU dengan pemerintah untuk menjangkau masyarakat sebagai langkah meningkatkan ekonomi nasional.


Metropolis Terbaru