• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 2 Oktober 2022

Metropolis

Diklatama di Unusida, Diharap Dapat Wujudkan Kader yang Disiplin

Diklatama di Unusida, Diharap Dapat Wujudkan Kader yang Disiplin
Pelaksanaan Diklatama oleh DKC CBP-KPP IPNU-IPPNU Unusida. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)
Pelaksanaan Diklatama oleh DKC CBP-KPP IPNU-IPPNU Unusida. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Dewan Koordinasi Perguruan Tinggi (DKPT) Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) menggelar Pendidikan dan Pelatihan Pertama (Diklatama). Kegiatan tersebut dipusatkan di halaman SMK Ma’arif Tanggulangin, Sidoarjo, Jum’at-Ahad (11-13/02/2022).

 

Ketua Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Unusida, Muhammad Faris Izzudin menyampaikan, bahwa diklat kali ini terasa berbeda dengan Diklatama lainnya karena diikuti oleh peserta yang notabene seorang mahasiswa.

 

“Diklatama ini merupakan kali kelima dilaksanakan di Unusida. Meskipun tampak seperti diklat-diklat pada umumnya, tetapi juga menyesuaikan dengan kebutuhan di lingkup komisariat perguruan tinggi,” jelasnya.

 

Faris menambahkan, bahwa DKPT CBP KPP Unusida merupakan organisasi semi otonom di ranah perguruan tinggi. Kedua lembaga tersebut dinaungi oleh IPNU-IPPNU yang merupakan banom NU.

 

“CBP-KPP ini merupakan pasukan inti sebagai menyokong IPNU-IPPNU. Maka jadilah komandan-komandan yang mempunyai tatakrama sebagai ciri khas NU. Komandan yang selalu mengedepankan sikap humanis yang dapat memanusiakan manusia dan tidak arogan,” imbuhnya.

 

Selain diberikan materi penguatan paham Ahlussunnah wal Jamaah dan rasa cinta terhadap NKRI, dalam diklatama kali ini para peserta banyak dibekali pemahaman tentang orientasi alam bebas oleh para pelatih dan instruktur yang profesionaldi bidangnya.

 

“Semisal, implementasi manajemen organisasi di lapangan, kepemimpinan dan kerja sama tim, serta Pelatihan Baris Berbaris atau yang dikenal dengan PBB,” ungkapnya.

 

Babinsa Koramil Desa Ngaban, Tanggulangin, Sunarman sebagai salah satu instruktur dalam diklatama ini menyampaikan, bahwa dalam Diklat, Diksar ataupun dalam bentuk pendidikan yang lainnya perlu adanya pelatihan kedisiplinan. Hal ini yang harus ditanamkan sejak dini guna membentuk karakter para kader pemimpin muda.

 

“Memang sangat perlu sekali atas diberikannya materi untuk membiasakan sikap kedisplinan sejak dini. Di antaranya melalui PBB, karena dalam PBB ini selain memupuk kedisiplinan sejak dini terhadap seorang kader muda, juga untuk membentuk karakter pemimpin,” ujarnya.

 

Sunarman pun sangat mengapresiasi adanya inisiatif dalam agenda pengkaderan yang diterapkan di IPNU-IPPNU saat ini. Menurutnya, hal ini menunjukan bahwa program-program di IPNU-IPPNU menunjukkan kemajuan yang signifikan.

 

“IPNU-IPPNU adalah wujud keseriusan dari para sesepuh NU. Melalui IPNU-IPPNU ini, ia berharap agar NU mempunyai kader muda yang handal sebagai calon generasi penerus,” tuturnya.

 

Pria kelahiran 1980 tersebut mengatakan, IPNU-IPPNU saat ini harus mampu mengikuti dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan teknologi. Tentunya dibarengi dengan suatu akidah yang harus selalu dipegang teguh sebagai insan religius.

 

“Saya rasa dengan adanya IPNU-IPPNU di ranah perguruan tinggi merupakan suatu terobosan yang sangat bagus. Saya rasa militansi kader di ranah kampus juga harus juga bisa berperan aktif dalam kehidupan di masyarakat,” tuturnya.

 

Sunarman mengibaratkan, bahwa IPNU-IPPNU sebagai sebuah tanaman yang ingin tumbuh subur, guna menghasilkan buah yang dapat dirasakan nikmatnya oleh banyak orang. Tentunya buah tersebut akan tumbuh segar apabila dapat dijaga dengan baik.

 

“Begitu pun kader IPNU-IPPNU yang juga harus dipupuk dengan moral dan akidah Ahlussunnah wal Jamaah agar berbuah manis,” tandasnya.


Metropolis Terbaru