• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Malang Raya

Giat Pertama Pasca Diklatama, Ini yang Dilakukan CBP KPP Kota Batu

Giat Pertama Pasca Diklatama, Ini yang Dilakukan CBP KPP Kota Batu
Anggota CBP KPP melakukan aksi tanam bibit pohon di kawasan Glagah Wangi, desa Sumbergondo. (Foto: NOJ/Zaiyana NA)
Anggota CBP KPP melakukan aksi tanam bibit pohon di kawasan Glagah Wangi, desa Sumbergondo. (Foto: NOJ/Zaiyana NA)

Batu, NU Online Jatim

Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Corps Brigade Pembangunan (CBP) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Korp Pelajar Putri (KPP) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Batu baru saja rampung menggelar Diklatama perdana pada pekan lalu. Sebagai bagian dari Rencana Tindak Lanjut (RTL), para komandan baru diinstruksikan untuk turut serta dalam Gerakan Sosial Lingkungan Tanam 2000 Bibit Pohon di kawasan Glagah Wangi, Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu pada Ahad (26/12/2021).

Setelah mendapat gemblengan wawasan tentang lingkungan alam, kepemimpinan, dan juga bela diri, pada kesempatan ini kader CBP KPP diajak untuk terjun langsung ke lapangan bersama dengan organisasi dan komunitas pecinta alam se-Kota Batu.

Komandan CBP IPNU Kota Batu, Syahri Santoso menjelaskan giat hari ini merupakan latihan pertama untuk para komandan CBP KPP yang baru.

"Kegiatan hari ini adalah RTL pertama untuk komandan CBP KPP yang baru dikukuhkan. Momen ini menjadi sarana untuk memperluas relasi, karena mereka akan bekerja sama dengan teman-teman dari organisasi-organisasi yang lain," jelas Syahri.

Sebagai lembaga semi otonom yang juga bergerak dalam bidang kepedulian lingkungan, CBP KPP merespon dengan semangat gerakan sosial lingkungan untuk melakukan reboisasi. Terpantau oleh NU Online Jatim, para komandan CBP KPP yang baru itu memilih untuk bersama-sama jalan kaki sekitar 5 kilometer melewati jalan setapak dan berbatu di saat yang lain mengendarai sepeda motor.

"Banyak yang jalan kaki tadi menuju lokasi. Sekalian olah raga dan biar bisa bareng-bareng katanya," jelas Syahri.

Ia juga menambahkan, setelah kegiatan ini anggota CBP KPP masih akan melaksanakan RTL dua dan tiga. Selain memupuk rasa kepedulian terhadap lingkungan, mereka juga diharapkan menjadi pelajar muda Nahdlatul Ulama yang berjiwa sosial, dan tentunya memiliki militansi yang tinggi dalam berkhidmah di NU.

"Sesuai dengan visi PC IPNU IPPNU Kota Batu, fokus kami adalah membentuk pelajar yang militan. Setelah Diklatama ini, harapannya para komandan CBP KPP yang sudah dikukuhkan dapat bergerak aktif di ranting masing-masing. Mampu menunjukkan eksistensinya dengan turut bergabung dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan," harapnya.

Ada ratusan bibit pohon yang ditanam oleh CBP KPP di kawasan Glagah Wangi. Bibit pohon tersebut di sebar di area yang mengalami alih fungsi lahan. Upaya ini merupakan langkah preventif untuk mencegah terjadinya erosi pada kontur tanah perbukitan seperti di kawasan tersebut.

Tidak hanya itu, saat perjalanan kembali ke pos kumpul, salah seorang komandan KPP bernama Indahsari berinisiatif  untuk membersihkan sampah di area jalan setapak yang dilewati. Dia mengambil karung besar yang ditemuinya di jalan dan mulai memunguti sampah plastik. Ternyata hal itu menarik perhatian rekan-rekannya, bahkan peserta yang berasal dari organisasi lain pun mengikuti apa yang dia lakukan.

"Kita niatnya kan baik, mengambil sampah plastik di kawasan konservasi seperti ini juga bentuk pelestarian lingkungan," ujar gadis yang akrab disapa Indah itu.

Sampah plastik yang terkumpul cukup banyak itu dibawa turun untuk kemudian dibuang pada tempat yang semestinya.

Editor: Risma Savhira


Malang Raya Terbaru