• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 8 Desember 2022

Malang Raya

LAZISNU Jatim Bantu Perlengkapan Sekolah Siswa Korban Banjir Bandang di Batu

LAZISNU Jatim Bantu Perlengkapan Sekolah Siswa Korban Banjir Bandang di Batu
Sejumlah siswa penerima bantuan dari LAZISNU Jatim di Kota Batu. (Foto: NOJ/ Risma Savhira).
Sejumlah siswa penerima bantuan dari LAZISNU Jatim di Kota Batu. (Foto: NOJ/ Risma Savhira).

Batu, NU Online Jatim

NU Care - Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur berkomitmen terus membantu masyarakat terdampak bencana. Di antaranya bencana banjir bandang yang terjadi awal bulan November lalu di Kota Batu dan beberapa daerah lainnya.

 

Meski saat ini beberapa rumah warga korban banjir bandang di Kota Batu dan fasilitas umum berangsur diperbaiki. Beberapa material longsor sudah dibersihkan. Namun beberapa anak kesulitan kembali bersekolah. Serba, buku, tas bahkan seragam mereka terbawa air bah saat banjir bandang.

 

Untuk itu, NU Care-LAZISNU Jawa Timur membantu kebutuhan para siswa korban banjir bandang tersebut.

 

“Kami memberikan bantuan kepada anak-anak berupa seragam sekolah hingga alat perlengkapan sekolah,” kata A Afif Amrullah, Ketua NU Care-LAZISNU Jawa Timur saat dikonfirmasi NU Online Jatim pada Jumat (19/11/2021).

 

Afif menegaskan, pemberian bantuan seragam dan alat kelengkapan sekolah sebagai wujud komitmen LAZISNU Jatim membantu meringankan beban para korban. “Bantuan juga diberikan hasil donasi dari masyarakat Indonesia yang bekerja di Hongkong melalui LAZISNU PCI Hongkong,” lanjut pria asli Lamongan ini.

 

Sementara Novi, siswi kelas 6 di SDN 1 Bulukerto mengaku senang ketika diberi tas, alat tulis dan seragam sekolah oleh Tim LAZISNU. Novi mengatakan, semua perlengkapan sekolah hanyut terbawa banjir bandang.

 

“Senang sekali, dan ini akan menjadi penyemangat baru bagi saya untuk melanjutkan sekolah,” kata Novi usai menerima bantuan berupa tas dan alat-alat sekolah dari LAZISNU Jatim.

 

Selain bantuan seragam dan alat kelengkapan sekolah, Moch Rofi’i Boenawi Direktur NU Care LAZISNU Jawa Timur mengatakan bahwa pihaknya juga memberikan bantuan berupa sembako dan alat-alat dapur kepada warga terdampak.

 

“Banjir bandang merusak rumah dan seisinya, termasuk alat-alat dapur. Maka, kami memberi bantuan alat-alat dapur seperti kompor, rice cooker, wajan dan lainnya,” kata Rofi’i yang juga Sekretaris NU Care LAZISNU Jatim ini. 

 

Rofi’i mengatakan bantuan alat-alat dapur tersbeut merupakan hasil donasi dari masyarakat Kecamatan Kertosono Kabupaten Ngajuk melalui LAZISNU setempat.

 

 

“Bantuan ini sangat meringankan beban para korban terdampak, termasuk anak-anak, sehingga mereka tidak perlu khawatir untuk kembali ke sekolah,” pungkasnya.


Editor:

Malang Raya Terbaru