• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 2 Oktober 2022

Metropolis

Pelajar NU di Mojokerto Pompa Semangat Kader Lewat Diklatama

Pelajar NU di Mojokerto Pompa Semangat Kader Lewat Diklatama
Pelaksanaan Diklatama III oleh CBP-IPNU dan KPP-IPPNU, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto. (Foto: Yulia NH)
Pelaksanaan Diklatama III oleh CBP-IPNU dan KPP-IPPNU, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto. (Foto: Yulia NH)

Mojokerto, NU Online Jatim

Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto menggelar Pendidikan dan Latihan Pertama (Diklatama) III.


Kegiatan tersebut dipusatkan di SDN 1 Watesprojo, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Jum’at-Ahad (24-26/12/2021). Agenda tersebut bertajuk ‘Membentuk Kader Berkarakter Leadership dan Berjiwa Sosial’. 


Ketua PAC IPNU Kecamatan Kemlagi, Moh Syarifudin mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kaderisasi dengan merujuk pada aspek kedisiplinan kader. Menurutnya, hal itu tidak hanya sekadar mencetak kader yang militan, tetapi juga mencetak komando.


“Peserta kegiatan ini meliputi kader di setiap Pimpinan Ranting (PR) di Kecamatan Kemlagi yang berjumlah 15 orang, baik dari CBP maupun KPP. Dan 11 orang peserta eksternal, sehingga semuanya total 26 peserta,” katanya kepada NU Online Jatim.


Disebutkan, bahwa kegiatan tersebut dilakukan agar proses kaderisasi dapat menyeluruh dan berkelanjutan. Serta guna mengorbitkan kader-kader militan yang disiplin.


Dirinya menjelaskan, pasca pelatihan berlangsung akan dilakukan Rapat Tindak Lanjut (RTL). Hal tersebut untuk menuntun kader dengan baik oleh instruktur kepada jenjang pelatihan selanjutnya.


“Akan dilakukan beberapa kali RTL pasca Diklatama III ini yang akan dilaksanakan secara kondisional, baik dalam jaringan (daring) atau luar jaringan (luring),” jelasnya. 


Sementara itu, Komandan KPP Kecamatan Kemlagi, Elza Aisyafillah berharap, pelatihan tersebut dapat bermanfaat untuk eksistensi dan kompetensi kader setempat. 


Tak hanya itu, ia berharap agar pelaksanaan Diklatama di periode selanjutnya dapat menarik minat banyak kader untuk bergabung sebagai pasukan terdepan dari NU. 
 


“Semoga mereka (peserta) bisa menjadi contoh bagi pemuda yang lain, dan bisa mengubah diri mereka untuk menjadi lebih baik lagi,” tandasnya.


Metropolis Terbaru