• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Metropolis

Peringkat Kinerja Bidang Kemahasiswaan Unusida Melejit di Tingkat Nasional

Peringkat Kinerja Bidang Kemahasiswaan Unusida Melejit di Tingkat Nasional
Potret Kampus Unusida dan Foto Rektor Unusida, H Fatkul Anam. (Foto:NOJ/Maschan Yusuf)
Potret Kampus Unusida dan Foto Rektor Unusida, H Fatkul Anam. (Foto:NOJ/Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) baru saja mengeluarkan survei peringkat kinerja Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di seluruh Indonesia tahun 2021.

 

Salah satu bidang yang menjadi penilaian yaitu kinerja Bidang Kemahasiswaan. Muncul nama Perguruan Tinggi baru yang masuk peringkat 200 besar yaitu Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) yang berhasil menempati peringkat 171 kinerja Bidang Kemahasiswaan Nasional.

 

Rektor Unusida, H Fatkul Anam mengatakan bahwa peringkat 171 dari 4 ribu lebih kampus di Indonesia mencerminkan kinerja seluruh elemen kemahasiswaan yang sangat baik.

 

"Alhamdulillah dalam 3 tahun terakhir ini, kinerja bidang kemahasiswaan Unusida mengalami lompatan prestasi yang membanggakan, dari tahun 2019 yang menempati peringkat 901-1000 tingkat nasional, kemudian meningkat di peringkat 359 di tahun 2020 kemarin, serta tahun 2021 ini kita berhasil menembus peringkat 171 nasional dari ribuan kampus di Indonesia," terangnya kepada NU Online Jatim, Sabtu (11/12/2021).

 

Pihaknya mengapresiasi kegiatan-kegiatan kemahasiswaan di Unusida yang berkualitas melalui Organisasi Mahasiswa (Ormawa) maupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), hingga melalui kegiatan-kegiatan penelitian, publikasi ilmiah internasional, serta penulisan buku yang banyak meraih prestasi.

 

"Keberhasilan tahun ini merupakan cerminan dari kualitas mahasiswa kita yang banyak meraih prestasi akademik maupun non akademik. Serta antusias dan peran serta seluruh civitas akademika Unusida dalam mensukseskan seluruh kegiatan kemahasiswaan," ungkapnya.

 

Unusida secara kelembagaan selama ini sangat mendukung dan memfasilitasi seluruh kegiatan kemahasiswaan untuk dapat berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki. Ia berharap agar peran semua pihak baik secara kelembagaan, bidang kemahasiswaan maupun dari seluruh mahasiswa dapat dijaga dengan baik. Guna terciptanya mahasiswa yang unggul dan berkarakter sehingga memiliki nilai manfaat di tengah masyarakat.

 

"Selamat atas keberhasilan kinerja bidang kemahasiswaan, semoga di tahun yang akan datang kualitas Unusida dapat terus meningkat," ucapnya.

 

Senada, Kepala Biro (Kabiro) Kemahasiswaan Unusida, Ali Masykuri merasa bersyukur dan berterima kasih terhadap kekompakan seluruh civitas akademika Unusida. Seperti program bidang penalaran mahasiswa, minat bakat mahasiswa, serta pelayanan mahasiswa dan Ormawa.

 

"Kekompakan seluruh stakeholder ini yang menjadi kunci untuk meningkatkan kualitas kinerja sebuah lembaga pendidikan," tandasnya.

 

Ke depan, Kabiro Kemahasiswaan tersebut bertekad akan meningkatkan komunikasi dan kerjasama dengan seluruh Fakultas, Program Studi (Prodi) dan Ormawa yang ada di Unusida.


Metropolis Terbaru