• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Mei 2022

Metropolis

Luar Biasa, Mahasiswa Antusias Ikuti Makesta di Unusida

Luar Biasa, Mahasiswa Antusias Ikuti Makesta di Unusida
Suasana Makesta ke-6 PKPT IPNU IPPNU Unusida. (Foto: NOJ/Maschan)
Suasana Makesta ke-6 PKPT IPNU IPPNU Unusida. (Foto: NOJ/Maschan)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) ke-6 dengan mengusung tema 'Mencetak Kader Sinergitas, Sosialis, Tanpa Egois' yang dilaksanakan selama 3 hari sejak Jum'at hingga Ahad (19-21/11/2021).

 

Jenjang pengkaderan IPNU IPPNU di lingkup mahasiswa tersebut diikuti sebanyak 78 peserta baik dari internal dan juga eksternal dari PKPT di Sidoarjo dan sekitarnya. Kegiatan ini dipusatkan di SMK Islam Desa Rejeni, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo.

 

Turut hadir Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Sidoarjo, Hafidz Al Bastomi, perwakilan PKPT se-Sidoarjo dan sekitarnya serta sejumlah ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) setempat.

 

Hafidz Al Bastomi mengungkapkan rasa bangga dan senang dengan antusiasme mahasiswa Unusida yang sangat luar biasa menjadi peserta Makesta kali ini. "Saya merasa bangga dengan kalian, karena sudah berani melangkah mengikuti Makesta untuk berkontribusi untuk berdakwah serta mengembangkan IPNU IPPNU di ranah kampus tercinta Unusida," ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Tomi sapaan akrabnya mengatakan bahwa IPNU IPPNU adalah organisasi yang juga diajarkan tentang sosial kultur. Ia berpesan seluruh ilmu dan pengalaman yang sudah diperoleh, kemudian dapat disebarluaskan agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar 

 

"Kalian disini bukan untuk bermain, melainkan dipersiapkan untuk berkontribusi dalam mengembangkan organisasi IPNU IPPNU di kampus. Saya yakin bahwa seorang pelajar maupun mahasiswa yang sudah mengikuti Makesta maka gerak geriknya, tutur bahasanya dan juga relasinya berbeda dengan yang belum pernah mengikuti, ujarnya.

 

Sementara itu, ketua PKPT IPNU Unusida, Muhammad Faris Izzudin mengatakan bahwa Makesta merupakan suatu jenjang awal untuk menjadi kader untuk berkhidmat di NU.

 

Menurutnya, seorang kader organisasi di NU merupakan penerus perjuangan para ulama serta kiai dalam berdakwah agama untuk kemudian dapat menjaga kesatuan bangsa dan negara Indonesia dalam bingkai kebhinekaan. Salah satunya IPNU IPPNU ini yang merupakan organisasi yang hanya dapat menjawab tantangan zaman pada saat ini karena memiliki keteguhan dalam segala perjuangan untuk menyikapi segala hal.

 

"Pilihan kalian sudah benar dan tepat untuk berorganisasi di IPNU IPPNU ini, karena didirikan oleh para ulama, serta sanad keilmuan yang sangat jelas hingga rasulullah saw," tuturnya.


Metropolis Terbaru