• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Juni 2022

Tapal Kuda

Peduli Lingkungan, Pelajar NU di Pasuruan Adakan Pelatihan Pengolahan Sampah

Peduli Lingkungan, Pelajar NU di Pasuruan Adakan Pelatihan Pengolahan Sampah
Sosialisasi pengolahan sampah. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)
Sosialisasi pengolahan sampah. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Gondang Wetan Kabupaten Pasuruan mengadakan sosialisasi dan pelatihan pengolahan sampah, Ahad (21/11/2021).

 

Kegiatan ini dilaksanakan di sekretariat Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Gondang Wetan.

 

Sosialisasi dan pelatihan tersebut merupakan kegiatan yang bersifat insidental atas kolaborasi antara PAC IPNU-IPPNU Gondang Wetan dengan Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan (LPTP) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, dan PT Tirta Investama Aqua.

 

"Kegiatan ini juga berkaitan dengan salah satu program kerja dari Lembaga Koperasi dan Kewirausahaan PAC IPNU-IPPNU Gondang Wetan," ucap Siti Zulaikha, Ketua PAC IPPNU Gondang Wetan.

 

Ia menjelaskan, pelaksanaan kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran pelajar dan anggota organisasi mengenai pentingnya pengelolaan lingkungan yang dapat dimulai dari manajemen limbah.

 

"Melalui kegiatan ini kita juga jadi lebih tahu jika sampah dapat diolah dengan kreativitas yang kita miliki untuk menghasilkan barang yang memiliki nilai ekonomis, sehingga bisa mendukung kemandirian organisasi kedepannya," ungkap Zula.

 

Mariya Qibtia selaku ketua pelaksana berharap, pelatihan pengolahan sampah dapat diterapkan oleh peserta dan disosialisasikan lebih lanjut ke lingkungan sekitar.

 

"Hal ini sesuai dengan motto dari pihak LPTP/DLH Kabupaten Pasuruan yaitu karena sampahku tanggung jawabku. Sebab lingkungan yang bersih akan menciptakan kenyamanan," imbuhnya.

 

 

Kegiatan yang diikuti sekitar 70 perwakilan IPNU-IPPNU se-Kecamatan Gondang Wetan tersebut berjalan dengan kondusif serta memantik tingginya antusiasme peserta.​​​​


Editor:

Tapal Kuda Terbaru