• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Opini

Sukses Kuliah di Kampus Favorit lewat Jalur Jurnalistik

Sukses Kuliah di Kampus Favorit lewat Jalur Jurnalistik
Kuliah gratis bisa dilakukan mahasiswa lewat jalur jurnalistik. (Foto: NOJ/KLr)
Kuliah gratis bisa dilakukan mahasiswa lewat jalur jurnalistik. (Foto: NOJ/KLr)

Oleh: Kevin Nizar Ramadhon


Kuliah gratis merupakan impian dari banyak mahasiswa maupun calon mahasiswa. Siapa sih yang tidak mau kuliah dibayari atau istilah yang biasa kita dengar adalah dengan meraih beasiswa. Beasiswa selalu jadi incaran oleh banyak mahasiswa baik itu yang sedang aktif menempuh pendidikan maupun yang berkeinginan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu, cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis menjadi salah satu informasi yang banyak dicari.


Jurnalis merupakan aktivitas atau profesi penulisan laporan atau catatan yang dimuat secara indah baik itu berupa tulisan atau visual yang dipublikasikan. Siapa kira bahwa kemampuan jurnalistik bisa membawa ke jalur kuliah gratis yang diinginkan selama ini. 


Memang jalur jurnalistik masih belum banyak yang tahu bahkan masih sangat asing dan terkesan aneh di kalangan banyak kalangan, termasuk mahasiswa. Setiap universitas atau perguruan tinggi di Indonesia pastinya punya yang namanya media atau website masing-masing. Dengan fungsi sebagai wadah atau pusat informasi dari seluruh kegiatan, acara, hal-hal yang ada di dalam kampus, maupun informasi mengenai pelayanan mahasiswa. Baik itu berupa official sosial media kampus maupun website resmi kampus.


Melalui pusat informasi dari salah satu kampus itulah yang bisa mahasiswa gali untuk bisa dijadikan sebagai berita atau karya jurnalistik yang nantinya akan dipublikasikan baik lewat bantuan media mainstream maupun media online. Tentunya harus ada dampak yang positif dan bertujuan untuk mempromosikan atau menonjolkan beragam keunggulan dari kampus yang hendak dituju.


Tetapi sebelum itu, kita juga harus mempunyai jaringan atau akses untuk bisa masuk ke media-media online maupun media mainstream dengan cara ikut pelatihan jurnalistik. Juga berkenalan dengan orang-orang media atau wartawan, bisa juga dengan aktif menulis yang terus ditawarkan ke beragam media. 


Tetapi cara yang paling umum dilakukan supaya punya akses ke media adalah dengan cara mendaftar langsung sebagai kontributornya media. Atau kalau belum bisa, menjadi kontributor, yang mana bisa menawarkan untuk bisa magang di media tersebut. Setelah selesai menggali informasi kampus yang punya nilai tinggi, di situ saatnya mengeksekusi dengan membuat sebuah karya tulis bisa berupa berita maupun story telling. Dan karena sudah punya akses ke media dengan cara-cara di atas, saatnya berkirim hasil tulisan yang pastinya dengan tahapan yang ada seperti editing dan lain sebagainya. Setelah tulisan terbit dan berhasil terpublikasi, tahapan selanjutnya adalah menunjukkan ke kampus. Dapat dipastikan hal tersebut akan mendapatkan respons sangat positif dan berujung bangga. 


Langkah-langkah tersebut tentunya harus dilakukan secara terus menerus, rutin dan konsisten supaya kampus menaruh perhatian. Dan setelah dilakukan secara konsisten dan terus menerus, maka tidak menutup kemungkinan akan sangat dibutuhkan oleh pihak kampus dan tinggal menunggu tawaran spesial. Selamat mencoba, dan semoga berhasil.

 

*Kevin Nizar Ramadhon adalah Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan Brand Manager Needme Cosmetic.


Editor:

Opini Terbaru