• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Tapal Kuda

Kesempatan Raih Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri Terbuka Lebar

Kesempatan Raih Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri Terbuka Lebar
Peluang untuk meraih beasiswa kuliah ke luar negeri terbuka lebar. (Foto: NOJ/Pan)
Peluang untuk meraih beasiswa kuliah ke luar negeri terbuka lebar. (Foto: NOJ/Pan)

Jember, NU Online Jatim
Setelah sebelumnya menggelar webinar nasional scholarship dalam negeri, kini Pondok Pesantren Darul Hikam, Mangli, Jember  kembali menggelar kegiatan yang sama. Yang berbeda, kali ini mendatangkan narasumber dari luar negeri. Acara bertemakan strategi meraih beasiswa LPDP yang diadakan secara online, Jumat (23/06/22).


Nyai Robiatul Adawiyah selaku pengasuh menuturkan bahwa pesantrennya untuk kali kedua mengadakan kegiatan yang sama. Namun dengan konteks bahasan yang berbeda yakni LPDP luar negeri.


“Ini kedua kalinya Darul Hikam menggelar webinar tentang scholarship. Kalau kemarin  sudah diselenggarakan untuk konteks  menerima beasiswa LPDP di dalam negeri, pagi ini webinarnya yang dalam konteks beasiswa luar negeri,” kata Nyai Robi.


Dirinya berharap semua yang ikut dapat berpartisipasi dari awal hingga akhir acara, dan mendoakan peserta agar lolos seleksi LPDP.


“Ini pengalaman penting dan luar biasa. Kita harapkan semua materi diserap dengan baik, dan saya doakan semua yang hadir  di acara webinar ini dan minggu kemarin diberikan kemudahan mendapatkan beasiswa yang LPDP,” harap dia.


Narasumber pada acara kali ini, Putriesti Mandasari sebagai peraih beasiswa LPDP luar negeri di Washington State University. Dirinya menjelaskan sejumlah syarat untuk mendaftar beasiswa sekaligus persamaan maupun perbedaan LPDP dalam dan luar negeri.


“Semua sama-sama baik, di luar negeri maupun dalam negeri. Persiapan bahasa itulah yang membedakan. Banyak mahasiswa yang ragu melanjutkan pendidikan di luar negeri karena terkendala bahasa,” kata dosen Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah tersebut.


Dirinya juga mengatakan bahwa belajar di luar negeri diharuskan memiliki disiplinan tinggi, belajar secara mandiri, serta mampu problem solving atau menyelesaikan masalah dengan baik. 


“Keuntungan belajar di luar negeri juga cukup banyak, misalnya seperti menambah rasa cinta Tanah Air,” terang dia.


Dijelaskan pula bahwa salah satu hal penting yang wajib dimiliki yaitu punya relasi dengan banyak orang. Sehingga dengan kelebihan tersebut memiliki peluang karir yang lebih tinggi.


Mahasiswa program doktor di Washington State University tersebut juga memberikan motivasi kepada peserta untuk semangat dan optimis melanjutkan studi ke luar negeri.


“Tetap semangat untuk teman-teman yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri dengan beasiswa. Saya yakin anda semua bisa dan saya tunggu kalian di luar negeri,” ungkapnya.


Putri juga menjelaskan strategi untuk meraih beasiswa LPDP yaitu dengan sering latihan. Baik latihan soal terkait materi yang diujikan atau latihan proses wawancara, kemudian tracking skor dan evaluasi diri. 


“Interviewer itu biasanya melihat leadership, sikap resiliens, serta kontribusi pada riset yang akan dilakukan. Kunci utama wawancara yaitu kontemplasi atau mampu merenung tentang kekurangan, kelebihan, keinginan, serta cara mengubah kelemahan menjadi kekuatan,” urainya.


Webinar diikuti demikian antusias dan diikuti puluhan peserta. Mereka adalah mahasiswa, dosen dan profesi lain dari berbagai instansi dan universitas seluruh Indonesia.


Penulis: Agift Akhmal Maulana dan Erni Fitriani


Editor:

Tapal Kuda Terbaru