• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Matraman

ISNU Nganjuk Berikan Tips Raih Beasiswa LPDP

ISNU Nganjuk Berikan Tips Raih Beasiswa LPDP
Webinar Tips Raih Beasiswa LPDP oleh PC ISNU Nganjuk. (Foto: NOJ/M Nazar Afandi)
Webinar Tips Raih Beasiswa LPDP oleh PC ISNU Nganjuk. (Foto: NOJ/M Nazar Afandi)

Nganjuk, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Nganjuk mendorong para Nahdliyin untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi. Sejumlah tips dan trik pun disampaikan agar meraih beasiswa, termasuk beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).


“Kader-kader ISNU Nganjuk saya harap bisa mempelajari dan memperoleh beasiswa pendidikan S2 ataupun S3 gratis, caranya melalui beasiswa LPDP,” ujar Ketua PC ISNU Nganjuk, Budi Harianto dalam acara Scholarship Webinar ISNU Nganjuk, Ahad (17/04/2022).


Menurut Budi, peserta terlihat antusias dalam mengikuti pemaparan materi seputar beasiswa terkini. Disebutkan, beberapa materi yang dibahas narasumber di antaranya berkaitan dengan jadwal seleksi pendaftaran beasiswa LPDP tahap 2 yang akan dimulai pada Senin (04/06/2022) sampai Jumat (05/08/2022).


“Kemudian jenis beasiswa LPDP beserta syarat, ketentuan dan kelengkapan berkasnya,” ungkapnya.


Ia menuturkan, agar maksimal para peserta diminta untuk mempersiapkan dan meneliti kelengkapan dokumen masing-masing. Di antaranya Curiculum Vitae yang meliputi pengalaman organisasi, pengalaman kerja, TOEFL sesuai persyaratan, publikasi prestasi, rencana penelitian masa depan, dan surat rekomendasi terkait.


“Selain itu, peserta harus menulis essay yang menarik atau pun terbaru secara teliti,” kata Budi Harianto.


Pihaknya pun menyarakan agar peserta memperbanyak latihan Tes Potensi Skolastik (TPS) atau Tes Potensi Akademik (TPA). Selanjutnya saat proses Interview, peserta disarankan untuk tenang, jujur, dan percaya diri.


Diketahui, dalam kegiatan tersebut pihaknya menghadirkan empat narasumber peraih beasiswa LPDP terkini. Di antaranya, Mufti Rasyid awardee  LPDP S3 Studi Islam Kajian Timur Tengah di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Mochammad Masrikhan awardee LPDP S2 Strategic Communication di University of Technology Sydney.


Selain itu, ada pula Abi Utomo awardee LPDP S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Negeri Malang, serta Ni'matul Maula awardee LPDP jalur Pendidikan Kader Ulama-S2 Ilmu Al-Quran dan Tafsir di PTIQ Jakarta.


Adapun jumlah peserta yang mendaftar dan mengkuti acara webinar ini sekitar 250 orang. Peserta tersebut berasal dari sejumlah daerah, baik di Jawa Timur atau pun luar Jawa Timur, semisal Sumatera, Yogyakarta, Aceh dan lainnya.


Matraman Terbaru