• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 4 Maret 2024

Pantura

236 Mahasiswa IAINU Tuban di Yudisium Sarjana

236 Mahasiswa IAINU Tuban di Yudisium Sarjana
Rektor Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang, Prof. Dr. H. Haris Supratno saat memberikan orasi ilmiah kepada mahasiswa IAINU Tuban. (Foto: NOJ/Dhahrul Mustaqim)
Rektor Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang, Prof. Dr. H. Haris Supratno saat memberikan orasi ilmiah kepada mahasiswa IAINU Tuban. (Foto: NOJ/Dhahrul Mustaqim)

Tuban, NU Online Jatim

Kampus Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban menggelar Yudisium IV Fakultas Tarbiyah yang dipusatkan di Gedung KH. Hasyim Asy'ari, Ahad (08/10/2023) bertajuk ‘Integrasi Keilmuan di Era Adaptif sebagai Wujud Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar’.


Kampus yang berlokasi di Jalan Manunggal Utara Nomor 10-12 itu berhasil mencetak calon sarjana lulusan tahun 2023 sebanyak 236 mahasiswa.


Dekan Fakultas Tarbiyah IAINU Tuban, Muslimin mengucapkan selamat kepada 3 Program Studi (Prodi) yang telah di yudisium itu, di antaranya Prodi PAI, PGMI, dan PIAUD.


Ia menjelaskan, dengan adanya yudisium tersebut, para mahasiswa secara resmi menjadi bagian dari alumni kampus IAINU Tuban yang bernama USI.


"Kalian semua lulus dan sah menjadi alumni, selamat bergabung menjadi alumni secara legal yang formalnya bernama USI," terangnya.


Diketahui, USI sendiri merupakan sebuah wadah bagi alumni kampus IAINU yang terdiri dari 3 kali perubahan nama kampus mulai dari Universitas Sunan Giri (Unsuri), Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makhdum Ibrahim (Stitma) hingga IAINU Tuban.


"Waktu kuliah selama 4-5 tahun itu tidak terasa lama ketika kita menjalani dengan senang hati, semuanya butuh waktu, pikiran, finansial dan lain-lain, maka hanya ada dua kata yaitu perjuangan dan do’a," ungkapnya.


Sementara itu, perwakilan mahasiswa Yudisium IV IAINU Tuban, Nadiya Aliyatuz Zulfa menyampaikan adanya tantangan yang besar usai menjadi mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmunya ke dalam kehidupan yang sesungguhnya.


"Setelah kita menyelesaikan tugas sebagai mahasiswa, di luar sana banyak tantangan yang sudah menunggu kita," jelasnya.


Nadiya mengaku, pada saat ini negara memanggil mahasiswa dengan segala kemampuan yang dimilikinya untuk menjawab persoalan yang sedang berkembang di berbagai sektor.


"Negara memanggil, dan masyarakat menanti kebermanfaatan kita semua, kita menjadi sebuah inspirasi, solusi dan kebaikan dari ilmu yang kita miliki," pungkasnya.


Pantura Terbaru