• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 25 September 2022

Pantura

Aksi Kemanusiaan, Pagar Nusa Gasmi di Bojonegoro Kompak Donor Darah

Aksi Kemanusiaan, Pagar Nusa Gasmi di Bojonegoro Kompak Donor Darah
Aksi sosial yakni donor darah dilakukan Pagar Nusa Gasmi Sumberharjo, Sumberejo, Bojonegoro. (Foto: NOJ/BB)
Aksi sosial yakni donor darah dilakukan Pagar Nusa Gasmi Sumberharjo, Sumberejo, Bojonegoro. (Foto: NOJ/BB)

Bojonegoro, NU Online Jatim

Bentuk kepedulian terhadap sesama ditunjukkan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Gerakan Aksi Silat Muslimin Indonesia atau Gasmi Ranting Sumberharjo, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro. Para pendekar Nahdliyin kompak mendonorkan darahnya untuk membantu sesama.

Acara yang berlangsung di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Desa Sumberharjo Kecamatan Sumberejo tersebut diikuti puluhan peserta dan memperoleh 30 kantong darah.

 

"Kita turut serta berkontribusi kepedulian sosial kemanusiaan memberikan kontribusi kepada masyarakat yang membutuhkan darah," kata Pembina Pagar Nusa Gasmi, Bisri Choiron, Ahad (6/9/2020).

Pelatih yang biasa dipanggil Mbah Bisri ini menjelaskan, donor darah yang diikuti anggota Pagar Nusa Gasmi bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Bojonegoro, tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Meskipun baru pertama kali, namun akan dilaksanakan secara berkala.

"Pagar Nusa bukan hanya organisasi beladiri yang konsen di persilatan, juga peka terhadap kemanusiaan. Makanya pada kali ini kita buktikan dengan donor darah yang diikuti seluruh anggota di Ranting Sumbeharjo," jelasnya.

Sementara itu Ketua Ranting Pagar Nusa Gasmi Sumberharjo, Muslih Mubarok menambahkan, kegiatan selain mengadakan latihan bersama secara rutin setiap bulan, juga diisi jamaah dzikir pembacaan Hirzul Jausyan. Itu digelar setiap pekan.

"Tetapi kegiatan latihan bersama kali ini lain berbeda karena diisi dengan kegiatan kemanusiaan yaitu donor darah. Hal ini sebagai bentuk kepedulian peduli sosial dan berkegiatan
positif," jelas dia.

Sekretaris PAC (Pimpinan Anak Cabang) Pagar Nusa Kecamatan Sumberejo, Suliswanto mengaku sangat mendukung kegiatan positif yang dilakukan Pagar Nusa yang ada di wilayah
Sumberejo. Pasalnya, dua pekan yang lalu kegiatan digelar di Ranting Kayu Lemah, dan kali ini di Sumberharjo.

"Insyaallah ranting-ranting yang ada di wilayah Sumberejo yang belum melaksanakan kegiatan kemanusiaan ini, akan turut serta menyusul melakukan kegiatan donor darah," ungkapnya di lokasi kegiatan.

Bahkan dukungan juga diberikan anggota DPRD Kabupaten Bojonegoro, Dwi Priyo Raharjo yang turut hadir di acara donor darah.

Menurut Prio, pesilat di Kabupaten Bojonegoro harus memberikan contoh positif  kepada masyarakat. "Tidak hanya tekun berlatih silat, tetapi peduli terhadap sesama, salah satunya mendonorkan darah," tutur pria yang juga anggota Pagar Nusa tersebut.

Politisi asal Kecamatan Kepohbaru itu juga mengharapkan dari para pesilat bisa menunjukkan prestasi. "Semoga dari Bojonegoro lahir atlet-atlet pesilat," pungkas dia.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Pantura Terbaru