• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Pantura

Di Lamongan, Gerobak Isi Aneka Buah Diarak saat Pawai Hari Santri

Di Lamongan, Gerobak Isi Aneka Buah Diarak saat Pawai Hari Santri
Gerobak isi aneka buah saat diarak saat pawai hari santri. (Foto: NOJ/ Titik Nurma'rufah)
Gerobak isi aneka buah saat diarak saat pawai hari santri. (Foto: NOJ/ Titik Nurma'rufah)

Lamongan, NU Online Jatim

Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Al Qodiriyyah yang terletak di Dusun Keduk, Desa Kedungwangi, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sekaligus Hari Santri Nasional, Senin (25/10). Gelaran acara tersebut dikemas pawai ta'aruf.

 

Kegiatan ini dipelopori oleh alumni TPQ Al-Qodariyah guna memberi semangat kepada para santri aktif.

 

Arzaq, Ketua Alumni TPQ Al Qodiriyyah menyampaikan, kegiatan ini diawali dengan pawai santri dengan rute keliling Dusun Keduk, Desa kedungwangi, Kecamatan Sambeng dan finish di Mushala Al Qodiriyyah. Dalam pawai ini, para santri tampak membawa gerobak berisi aneka macam buah berkeliling.

 

"Acara ini memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 19 Oktober 2021 sekaligus juga digelar untuk memperingati Hari Santri Nasional yaitu 22 Oktober 2021. Diawali dengan pawai santri, selanjutnya yakni tahlil bersama kemudian shalat ashar berjamaah dan acara inti," ungkapnya.

 

Sementara itu, Kepala TPQ Al Qodiriyyah Dusun Keduk, Nunik mengatakan, para santri diharapkan benar-benar harus memiliki jiwa santri. Sehingga sampai kapanpun mereka akan tetap mengaji dan menjadi santri.

 

"Sejak di usia dini, anak-anak harus sudah ditanamkan jiwa santri dan mengenalkan sejak kecil tentang kisah dan ajaran Nabi Muhammad SAW. Sehingga menumbuhkan rasa cinta kepada beliau, serta menjadi orang yang baik sesuai dengan ajarannya,” pungkasnya.


Editor:

Pantura Terbaru