• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Pantura

Ikhtiar Cetak Kader Militan, LKD Fatayat NU Lamongan Diikuti Ratusan Peserta

Ikhtiar Cetak Kader Militan, LKD Fatayat NU Lamongan Diikuti Ratusan Peserta
Pembukaan Latihan Kepemimpinan Dasar PC Fatayat NU Lamongan. (Foto: NOJ/ M Idris Muzaki)
Pembukaan Latihan Kepemimpinan Dasar PC Fatayat NU Lamongan. (Foto: NOJ/ M Idris Muzaki)

Lamongan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Lamongan menyelenggarakan Latihan Kader Dasar (LKD). Kegiatan yang mengusung tema ‘Mewujudkan Militansi Kader Fatayat NU Melalui Latihan Kader Dasar’ ini dipusatkan di Gedung SMK NU Lamongan, Sabtu-Ahad (05-06/03/2022).


Hadir pada pembukaan LKD tersebut Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lamongan Koordinator Bidang (Korbid) Kebanoman, Tim Instruktur dari Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat NU Jatim, dan PC Fatayat NU setempat.


Ketua PC Fatayat NU Lamongan, Siti Suwaibatul Aslamiyah mengatakan, Latihan Kepemimpinan Dasar ini merupakan upaya Fatayat NU Lamongan menjalankan organisasi melalui kaderisasi. Karena bagi pemula atau anggota baru Fatayat pengkaderan merupakan proses yang wajib dilalui.


“Pengkaderan adalah mediator bagi kader Fatayat NU untuk meningkatkan mutu dan kualitas masing-masing. Serta, sebagai upaya mencetak kader yang militan untuk berkhidmat di Fatayat NU Lamongan," katanya.


Suwaiba menambahkan, pelatihan ini diikuti 120 peserta yang terdiri dari kader Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU di Kabupaten Lamongan. Agar berjalan maksimal dan kondusif, pihaknya membagi peserta dalam beberapa kelas.


“Peserta akan dibagi tiga kelas, setiap kelas berjumlah 40 peserta. Ini dilakukan agar pelatihan berjalan fokus dan kondusif," imbuhnya.


Dirinya mengaku membatasi jumlah kepesertaan tersebut. Selain karena masa pandemi, juga supaya kegiatan berjalan efektif. “Ini sudah aturan dari PW Fatayat NU Jatim, bahwa untuk setiap kegiatan kaderisasi dibatasi dan tidak diperkenankan dengan jumlah besar,” ungkapnya.


Ia menjelaskan, bahwa ada empat materi yang diberikan kepada peserta. Di antaranya, materi Aswaja dan ke-NU-an, ke-Fatayatan dan Peraturan Dasar (PD) dan Peraturan Rumah Tangga (PRT).


​​​​​​​“Selanjutnya peserta juga mendapatkan materi Citra Diri Fatayat NU, serta manajemen organisasi dan kepemimpinan," kata Suwaiba.


Pantura Terbaru