• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 22 April 2024

Pantura

PP Fatayat NU Gelar Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil dan Balita di IAI Tabah

PP Fatayat NU Gelar Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil dan Balita di IAI Tabah
Penandatanganan MoU antara PP Fatayat NU dengam IAI Tabah Lamongan. (Foto: Dok. IAI Tabah Lamongan)
Penandatanganan MoU antara PP Fatayat NU dengam IAI Tabah Lamongan. (Foto: Dok. IAI Tabah Lamongan)

Lamongan, NU Online Jatim

Pimpinan Pusat (PP) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) bekerja sama dengan Prudential Syariah mengadakan kegiatan Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil dan Balita. Kegiatan ini dipusatkan di Aula KH Musthofa Institut Agama Islam (IAI) Tabah Lamongan, Ahad (07/01/2024).

 

Ketua Umum PP Fatayat NU, Hj Margaret Aliyatul Maimunah menyampaikan, saat ini NU sedang gencar menjalankan program-program yang melibatkan langsung masyarakat luas. Seperti yang dicontohkan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dengan program Gerakan Keluarga Maslahat Nahdlatul Ulama (GKMNU).

 

“Sejalan dengan gerakan tersebut, kami di PP Fatayat NU menyelenggarakan pelayanan kesehatan bagi ibu hamil dan anak kecil,” ujarnya dalam keterangan tertulis kepada NU Online Jatim.

 

“Kegiatan yang dilaksanakan di kampus IAI Tabah Lamongan merupakan kegiatan sosial yang dihasilkan dari CSR Prudental Syariah. Kita bersinergi dengan Prudential Syariah sebagai sponsor pada kegiatan kali ini,” imbuh Margaret.

 

Ia menyebutkan, output dari kegiatan tersebut cukup jelas, yakni untuk mengecek kesehatan para ibu hamil dan balita. Di samping itu, juga untuk memberikan kesadaran pentingnya kesehatan pada ibu hamil.

 

“Ke depan kegiatan sosial ini akan terus dilaksanakan dan menjangkau seluruh wilayah di Indonesia,” terangnya.

 

Dirinya mengatakan, keterbelakangan pertumbuhan harus dideteksi sejak dini di dalam rahim. Karena itu, PP Fatayat NU saat ini menjadi pionir dalam kegiatan tersebut. Apalagi Fatayat NU sendiri terdiri dari perempuan-perempuan produktif dan banyak kegiatan.

 

“Sehingga diperluhkan sinergi dan kolaborasi untuk melindungi dan pencegahan stunting sejak dini,” ungkapnya.

 

Margaret berharap agar perempuan dan anak anak masa kini dan masa depan mempunyai daya dan nilai jual yang tinggi dalam hidupnya. “Hal ini seiring dengan semakin canggihnya zaman, perlu adanya peningkatan kualitas perempuan sebagai pilar peradaban,” katanya.

 

Sementara Rektor IAI Tabah Lamongan, Alimul Muniroh menyampaikan ucapan terima kasih kepada PP Fatayat NU dan seluruh peserta yang hadir. Hal demikian atas kepercayaan dengan memilih IAI Tabah Lamongan sebagai tuan rumah dalam kegiatan tersebut.

 

“IAI Tabah merupakan kampus yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Tarbiyatut Tholabah, yang terus berkomitmen melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Melalui pusat studi gender dan anak, kampus IAI Tabah akan terus melakanakan kegiatan yang berkaitan pada kepedulian gender dan kesehatan anak,” tandas Alimul.

 

Diketahui, kegiatan ini dihadiri sekitar 350 peserta yang terdiri dari masyarakat sekitar, perkumpulan-perkumpulan perempuan dan wanita se Kabupaten Lamongan. Hadir pula dalam kegiatan ini Sekretaris Pimpin Wilayah (PW) Fatayat NU Jatim Siti Habibah, perwakilan PC Fatayat NU Lamongan, dan lainnya.

 

Agenda tersebut dipungkasi dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau perjanjian kerja sama antara IAI Tabah Lamongan dengan PP Fatayat NU.


Pantura Terbaru