• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 22 April 2024

Pantura

Sambut Ramadhan, NU di Lamongan Gelar Bimbingan Imam Shalat Tarawih

Sambut Ramadhan, NU di Lamongan Gelar Bimbingan Imam Shalat Tarawih
Pelatihan bimbingan imam shalat Tarawih. (Foto: NOJ/Mousta'in)
Pelatihan bimbingan imam shalat Tarawih. (Foto: NOJ/Mousta'in)

Lamongan, NU Online Jatim

Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Gempolmanis, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan menggelar program bimbingan Imam Shalat Tarawih sebagai persiapan menyambut Bulan Suci Ramadhan.


Kegiatan yang dipusatkan Masjid Al Falah ini dijadwalkan berlangsung setiap Ahad malam Senin hingga awal bulan Ramadhan, dengan sasaran utama takmir masjid dan mushala di seluruh Desa Gempolmanis, Ahad (18/02/2024).


Ketua Ranting NU Gempolmanis, Ustadz Mukhlisin mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperbaiki bacaan dan gerakan shalat, sehingga syarat sah shalat dan rukunnya dapat tercapai.


"Kegiatan ini dilakukan dengan niat tulus untuk meningkatkan mutu ibadah umat, khususnya dalam melaksanakan shalat Tarawih selama bulan Ramadhan," ujarnya.


Menurutnya, bimbingan ini dirancang sebagai sarana efektif untuk memberikan pemahaman mendalam kepada takmir masjid dan mushala sebagai pemangku kepentingan utama dalam penyelenggaraan ibadah di Desa Gempolmanis.


“Dengan melibatkan mereka, diharapkan kualitas penyelenggaraan shalat Tarawih dapat meningkat secara signifikan,” terangnya.


Ia menyebut, takmir masjid dan mushala ini memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan kepada jamaah. Melalui bimbingan ini, pihaknya berupaya untuk memberikan dukungan agar mereka dapat memberikan pengalaman ibadah yang lebih baik bagi seluruh umat di Desa Gempolmanis.


Tanggapan positif datang dari salah satu takmir masjid di Desa Gempolmanis, Ustadz Zen mengapresiasi inisiatif PRNU Gempolmanis dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Ternyata, banyak orang yang mengabaikan kesalahan-kesalahan kecil yang bisa membatalkan shalat.


“Bimbingan imam Tarawih ini sangat penting untuk memperbaiki praktik ibadah kita dan mencapai khusyuk dalam beribadah," jelasnya.


PRNU Gempolmanis dengan tekad yang kuat berupaya mendorong masyarakat menuju akhlak mulia Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) dengan berfokus pada pengembangan nilai-nilai akhlakul karimah, organisasi ini bertekad untuk memberikan bimbingan yang dapat membentuk karakter yang baik dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip ajaran Islam.


Ia menyebut, hal ini dapat menyentuh aspek spiritual dan moral dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dengan memberikan pedoman dan arahan sesuai ajaran Aswaja diharapkan masyarakat dapat memperkuat pondasi keimanan dan keislaman mereka.


“Semoga bimbingan imam shalat Tarawih ini dapat menjadi langkah awal untuk membawa keberkahan dan kekhusyukan dalam ibadah selama bulan Ramadhan,” tandasnya.


Penulis: Mousta'in


Pantura Terbaru