• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Pantura

Semarak Muharram, Pesantren di Lamongan Gelar Pawai Ta'aruf

Semarak Muharram, Pesantren di Lamongan Gelar Pawai Ta'aruf
Semarak Muharram dari Santri di Kabupaten Lamongan. (Foto: NOJ/ Titik Nurma'rufah)
Semarak Muharram dari Santri di Kabupaten Lamongan. (Foto: NOJ/ Titik Nurma'rufah)

Lamongan, NU Online Jatim

Sejumlah Lembaga Pendidikan Ma'arif NU dan Pondok Pesantren di wilayah Kabupaten Lamongan menggelar pawai ta'aruf. Hal ini merupakan kegiatan menyambut Muharram atau tahun baru 1444 Hijriyah.


Pawai ta'aruf ini bertujuan memberikan edukasi kepada anak didik untuk turut bergembira karena inilah sesungguhnya tahun baru yang hendaknya diperingati. Kegiatan tersebut salah satunya dilakukan oleh Pondok Pesantren Bustanul Muta'allimin Nguwok Modo Lamongan yang menggelar Pawai Obor pada hari Jumat (29/07/2022). 


Imam Syafii selaku ketua yayasan mengatakan, agenda ini merupakan kegiatan kegiatan tahunan yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan rasa pentingnya sebagai umat Islam menyambut tahun baru hijriah. Kegiatan ini ikuti oleh 500 santri lembaga formal maupun informal. 


"Acara pawai obor tersebut diadakan, karena menurut pihak pondok kegiatan ini sudah tahunan dan itu pun sangat diperlukan dengan adanya acara ini akan menumbuhkan kesadaran, kecintaan para santri terhadap pentingnya tahun hijriah sebagai tahun yang dipakai umat Islam," ujarnya.


"Berbagai rangkaian acara tersebut dikemas dengan kegiatan-kegiatan islami dari gebyar shalawat serta pembagian doorprize yang menarik di dalam acara tersebut," lanjutanya.


Selain itu, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) beserta Badan Otonom (Banom) Kecamatan Ngimbang turut serta memeriahkan dengan menggelar jalan sehat pada hari Sabtu (30/07/2022). Kegiatan ini diikuti warga NU Ngimbang. Dalam kegiatan tersebut juga disediakan beberapa doorprize menarik. 


Editor:

Pantura Terbaru