• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Parlemen

Anik Maslachah Ajak Siswa SMK Terus Kembangkan Inovasi

Anik Maslachah Ajak Siswa SMK Terus Kembangkan Inovasi
Wakil Ketua DPRD Jatim, Anik Maslachah. (Foto: NOJ/A Toriq)
Wakil Ketua DPRD Jatim, Anik Maslachah. (Foto: NOJ/A Toriq)

Sidoarjo, NU Online Jatim 

Wakil Ketua DPRD Jatim, Anik Maslachah terus memotivasi siswa lulusan Sekolah Menengah Kanjuruan (SMK) untuk terus berinovasi. Semangat tersebut juga tanpa bergantung terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan. 


Motivasi tersebut disampaikan Anik saat menghadiri acara wisuda ke-18 SMK Antartika Sidoarjo 2, Kamis (25/05/2022). Acara dipusatkan di Hotel Utami, Sedati, Sidoarjo. 


Anik berharap, para wisudawan tetap melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Mengingat SMK adalah pendidikan dasar yang dapat dikembangkan lagi secara keilmuannya di jenjang yang lebih tinggi. 


“Di era modern ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas SDM baik akademik dan non akademik. maka diharapkan para wisudawan dapat melanjutkan ke perguruan tinggi, ataupun jika setelah lulus bisa membuka pekerjaan sendiri tanpa harus ikut job vacancy atau perekrutan tenaga kerja,” harap Anik.  


Menurut Sekretaris DPW PKB Jatim ini, lulusan SMK tak hanya berorientasi menjadi pencari kerja. Skill dan keterampilan yang sudah didapat di bangku sekolah menjadi dasar untuk bekerja mandiri bahkan menciptakan langangan kerja. 


"Lulusan SMK harus bisa dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan wirausaha sendiri dengan skill yang telah didapatkan di sekolah. Dan tugas dari pemerintah adalah supporting kebijakan diantaranya support pemodalannya," katanya. 


Anik menambahkan, saat ini persaingan global begitu ketat. Indonesia kedepanpun tergantung dari anak muda sekarang. 


“Karena itu soft skill harus terus ditingkatkan tidak hanya berhenti saat lulus di bangku sekolah,” pungkasnya.


Editor:

Parlemen Terbaru