• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Parlemen

Banjir di Pasuruan, Anggota DPRD Jatim Salurkan Bantuan Kebutuhan Pokok

Banjir di Pasuruan, Anggota DPRD Jatim Salurkan Bantuan Kebutuhan Pokok
Banjir yang menggenang Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/)
Banjir yang menggenang Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/)

Pasuruan, NU Online Jatim

Lima wilayah di Kabupaten Pasuruan diantaranya, Kecamatan Bangil, Gempol, Beji, Kraton dan Winongan dilanda banjir pada Rabu malam (03/02/2021). Banjir tersebut disebabkan oleh luapan air sungai yang tidak bisa tertampung akibat hujan deras yang mengguyur wilayah terssebut.

 

Merespons hal tersebut, Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Aida Fitriati gerak cepat membantu para korban banjir dengan mendistribusikan sejumlah bantuan, Kamis (04/02/2021).

 

“Kami menyalurkan bantuan kebutuhan pokok seperti beras, mie instan, dan air mineral,” katanya.

 

Menurut perempuan yang akrab disapa Ning Fitri ini, banjir tersebut tidak hanya menggenangi rumah-rumah warga, namun juga menggenangi jalan poros pantura Surabaya-Probolinggo.

 

“Akibatnya, banyak kendaraan yang mogok akibat tidak bisa menerobos jalan yang tergenang banjir,” ungkapnya.

 

Menurut data setempat, di Kecamatan Bangil, banjir terjadi dengan ketinggian antara 50 hingga 230 sentimeter di Kelurahan Kalirejo, Kalianyar, Kolursari, Desa Manaruwi, Desa Tambakan dan Desa Ledok. Banjir terjadi karena luapan sungai kedung larangan.

 

Sementara wilayah Kecamatan Gempol, terjadi banjir di Desa Kejapanan, Desa Kepulungan dan Desa Karang Ploso. Banjir tersebut akibat luapan Sungai Kepulungan dan Kejapanan.

 

Sedangkan di Kecamatan Beji, dua desa yang selama ini langganan banjir yakni Kedungringin dan Kedungboto juga kembali terendam, akibat luapan Sungai Wrati.

 

Kemudian banjir juga melanda Kecamatan Kraton, banjir menggenangi Desa Tambakrejo dan Desa Sidogiri akibat luapan Sungai Welang. Sementara di Winongan, banjir terjadi di Desa Prodo dan Bandaran.

 


Parlemen Terbaru