• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Parlemen

Pimpinan DPRD Jatim Minta Pemprov Jatim Berikan Penghargaan kepada Korban Nanggala-402

Pimpinan DPRD Jatim Minta Pemprov Jatim Berikan Penghargaan kepada Korban Nanggala-402
KRI Nanggala-402. (Foto: NOJ/cn)
KRI Nanggala-402. (Foto: NOJ/cn)

Surabaya, NU Online Jatim

Gugurnya 53 Awak KRI Nanggala-402 masih menorehkan duka mendalam bagi semua pihak khususnya warga Jawa Timur. Apalagi 48 dari 53 awak kapal berasal dari Jatim. Oleh sebab itu, Wakil Ketua DPRD Jatim, Anik Maslachah meminta Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memberikan penghargaan khusus kepada korban Nanggala-402. 

 

Anik mengatakan, pemberian penghargaan ini harus dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim sebagai sebuah bentuk penghormatan bagi warganya yang sudah mengabdikan dirinya bertugas di lingkungan TNI. 

 

“Penghargaan itu akan memberikan kebanggaan kepada anak, istri dan keluarga korban. Penghargaan ini memang tidak bisa menghapus duka keluarga tapi ini bentuk penghormatan pemerintah kepada warganya yang berjasa pada negara,” kata Anik Maslachah, Rabu (28/04/2021). 

 

Politisi asal Sidoarjo ini pun berharap, Pemprov Jatim juga memberikan atensi lebih kepada keluarga korban yang ditinggalkan. Menurutnya, ini suatu bentuk dukungan moral agar keluarga korban Nanggala-402 tidak terlalu merasa kehilangan. 

 

Tidak hanya itu, Anik juga mengapresiasi kepala daerah di Jatim yang sudah memberikan respons tinggi akibat tragedi Nanggala-402 di laut Bali ini. Ia mencontohkan seperti pengibaran bendera setengah tiang yang dilakukan Bupati Sidoarjo, Ahmad Mudlor Ali. 

 

Menurutnya, hal itu sangat positif sebagai bentuk penghormatan terakhir, sekaligus bela sungkawa pada pahlawan bangsa yang gugur di saat melaksanakan tugas. 

 

“Pengibaran bendera merah putih setengah tiang ini adalah bentuk nyata penghormatan kepada kru Nanggala-402 yang gugur dalam tugas. Mereka adalah pahlawan bangsa yang layak mendapat penghormatan,” ujar sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jatim ini. 

 

Anik pun berharap para almarhum dicatatat sebagai syahid, sebab pengabdiannya kepada negara. Apalagi tragedi tenggelamnya kapal selam ini pada saat bulan Ramadlan. 

 

“Teriring doa pula, semoga semua para prajurit yang menjadi korban adalah syahid. Karena mereka meninggal dalam tugas negara di bulan Ramadlan yang suci,” pungkasnya.

 

Editor: Risma Savhira


Parlemen Terbaru