• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Parlemen

PKB Jatim Dukung dan Siap Sukseskan Pemilu 2024 

PKB Jatim Dukung dan Siap Sukseskan Pemilu 2024 
Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Timur, Fauzan Fuadi. (Foto: NOJ/A Toriq)
Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Timur, Fauzan Fuadi. (Foto: NOJ/A Toriq)

Surabaya, NU Online Jatim
Hajatan pesta demokrasi segera digelar. Dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan kelengkapan yang dimiliki siap mendukung langkan pemerintah dalam menetapkan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 yang digelar 14 Februari 2024. 
 

Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Timur, Fauzan Fuadi mengatakan, ini adalah kebijakan pemerintah yang harus dipatuhi bersama. Dan semua pihak harus ikut andil dalam menyukseskan kegiatan lima tahunan tersebut. 
 

"Menurut saya ini adalah langkah bijak yang sudah disepakati bersama, baik antara pemerintah, DPR dan penyelenggara pemilu yakni KPU," kata Fauzan saat dikonfirmasi, Sabtu (29/01/2022).
 

Saat ditanya soal kesiapan, Bendahara DPW PKB Jatim ini mengaku sudah siap menyongsong pemilu di 2024. Bahkan ia menyebut, mesin partai saat ini sudah berjalan, mensosialisasikan hal tersebut. Apalagi saat ini, partai yang lahir dari rahim Nahdlatul Ulama ini memiliki sosok calon yang akan berkompetisi menggantikan Presiden Joko Widodo. 
 

"Kami siap, mesin partai di akar rumput juga siap. Target besar telah kita tancapkan kuat-kuat dalam pemilihan 2024 mendatang," tegasnya. 
 

Sebelumnya, KPU mengusulkan agar pemungutan suara pemilihan umum (Pemilu)  serentak 2024 digelar 14 Februari 2024. Usulan tersebut disampaikan Ketua KPU Ilham Saputra, dalam rapat dengan Komisi II dan pemerintah, Senin (24/01/2022). 
 

"Hari pemungutan suara direncanakan dilaksanakan pada 14 Februari 2024, jadi 14 Februari ini hari Rabu, Rabu menjadi hari penyelenggaraan pemilu dari tahun ke tahun, 14 Februari pernah juga diusulkan pada konsinyering pertama antara Pemerintah dan DPR RI," kata Ilham. 
 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, juga menyetujui usulan jadwal pemungutan suara yang diusulkan KPU tersebut. Dengan diselenggarakannya pemungutan suara Pilpres di bulan Februari, maka ada jeda bagi pelaksanaan pilkada serentak yang akan diselenggarakan bulan November 2024. 
 

"Tanggal kami sepakat tanggal 14 Februari sehingga ini akan memberi ruang untuk pilkada serentak UU 10/2016 bulan November. Sehingga ada space waktu antara Februari dan November sehingga memberi ruang misal ada putaran kedua," ucapnya.
 


Editor:

Parlemen Terbaru