• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 5 Juli 2022

Parlemen

Terlihat Kompak, Dua Tokoh Perempuan NU Ini Tandur Mangrove

Terlihat Kompak, Dua Tokoh Perempuan NU Ini Tandur Mangrove
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Sekretaris PKB Jatim Anik Maslachah menanam mangrove di Pantai Bohai, Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/A Toriq A)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Sekretaris PKB Jatim Anik Maslachah menanam mangrove di Pantai Bohai, Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/A Toriq A)

Probolinggo, NU Online Jatim

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Wakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah bareng-bareng mengikuti acara Nandur Mangrove di Pantai Bohay, Kabupaten Probolingo, beberapa waktu lalu. Di lokasi, dua perempuan kader NU itu terlihat kompak.

 

Anik mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya menjaga keseimbangan ekosistem alam, serta sebagai gerakan penghijauan untuk mencegah terjadinya intrusi, erosi serta abrasi.

 

"Bermanfaat pula untuk menjaga paru-paru dunia. Ini semuanya menjadi tanggung jawab kita semua, termasuk masyarakat. Bagaimana hal yang dilakukan pemerintah ini, kita pelihara bersama sehingga ekosistem lingkungan sehat bisa dinikmati oleh anak cucu kita," tutur Anik dikutip Selasa (28/12/2021).

 

Sekertaris DPW PKB Jatim itu menuturkan, apa yang dilakukannya bersama Khofifah juga sudah dianjurkan oleh Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar, dengan Gerakan Nusantara Menanam. Gerakan itu sebagai wujud komitmen PKB sebagai green party atau partai peduli lingkungan.

 

Penghijauan di bibir pantai tersebut, lanjutnya, memiliki efek domino. Tidak hanya bermanfaat terhadap alam, bunga dari pohon mangrove dapat dimanfaatkan menjadi komoditas ekspor. Di antaranya untuk teh, keripik, tinta, bahan batik, bahkan jamu. 

 

"Tentu kalau ini diberdayakan akan berdampak positif bagi peningkatan pendapatan masyarakat. Jadi, selain lingkungan lestari, juga berdampak ekonomis bagi masyarakat," ujarnya.

 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim Habib Mahdi, Kadis Perhutani Jatim Karuniawan, Kepala Dinas Kehutanan Jatim Jumadi, Rektor Unesa Nurhasan, serta beberapa Kepala OPD dilingkup Pemprov Jatim, serta pejabat Forkopimda dilingkungan Pemkab Probolinggo dan mahasiswa Unesa serta sejumlah anggota Pramuka.


Parlemen Terbaru