• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 19 Januari 2022

Pemerintahan

Bupati Pamekasan Ajak Masyarakat Jaga Kesetiakawanan dan Kearifan Lokal

Bupati Pamekasan Ajak Masyarakat Jaga Kesetiakawanan dan Kearifan Lokal
Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam. (Foto: NOJ/tribun)
Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam. (Foto: NOJ/tribun)

Pamekasan, NU Online Jatim

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesetiakawanan untuk merajut kebersamaan antar semua elemen. Dirinya mengatakan bahwa kemajemukan yang dimiliki Indonesia harus senantiasa dirawat agar menjadi suatu potensi besar bagi bangsa Indonesia.

 

“Indonesia adalah negara yang majemuk dengan berbagai ras, suku, dan bangsa yang harus dirawat dan dipupuk agar bisa tumbuh seiring perkembangan zaman,” katanya, Kamis (14/10).

 

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan kearifan lokal yaitu sifat sosial saling menghargai dan gotong royong yang tinggi.

 

“Ini budaya baik kita. Di negara lain nyaris tidak ada karena hidupnya cenderung individual,” terangnya.

 

Selain itu, kesetiakawanan juga penting untuk dipupuk untuk menjaga negara Indonesia agar aman dan nyaman.

 

“Membangun kesetiakawanan diantara kita semua sangat penting. Kesetiakawanan yang saya maksud adalah menjaga Indonesia dengan baik dan benar, negara ini sungguh negara yang luar biasa. Saya sudah keliling ke beberapa negara, Indonesia ini negara yang nikmat sekali,” terangnya.

 

Bupati yang akrab disapa Ra Baddrut itu mencontohkan bahwa budaya Madura memiliki kepedulian tinggi terhadap sanak famili.

 

“Kalau di Madura, kita bertemu dengan tetangga kita dipersilakan duduk dan dikeluarkan makanan dan minuman. Bahkan, kalau kita tidak makan dianggap tidak menghargai. Sementara di beberapa negara lain harmoni seperti itu tidak ada,” ungkapnya.

 

Bupati dengan sederet prestasi ini melanjutkan, kewajiban bangsa Indonesia dan Pamekasan secara khusus adalah menjaga harmoni agar negara semakin kuat dan ekonominya tumbuh subur sesuai keinginan bersama.

 

"Menjaga harmoni Indonesia yang kita miliki seperti ini sungguh luar biasa. Tugas kita semua menjaga harmoni ini supaya Indonesia semakin maju, semakin tumbuh, " ajak dia.


Pemerintahan Terbaru