• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Pemerintahan

Bupati Pamekasan Keluarkan Surat Edaran Penggunaan Produk Lokal

Bupati Pamekasan Keluarkan Surat Edaran Penggunaan Produk Lokal
Bupati Pamekasan mengeluarkan surat edaran bagi penggunaan produk lokal. (Foto: NOJ/KRt)
Bupati Pamekasan mengeluarkan surat edaran bagi penggunaan produk lokal. (Foto: NOJ/KRt)

Pamekasan, NU Online Jatim
Keseriusan diberikan Bupati Pamekasan, H Baddrut Tamam kepada para pelaku usaha kelas menengah dan kecil. Hal tersebut ditunjukkan dengan mengeluarkan surat edaran kepada sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) agar menggunakan produk lokal setempat.


"Maka kepada seluruh kepala OPD dan pimpinan instansi vertikal di Kabupaten Pamekasan menggunakan makanan dan minuman produk UMKM. Termasuk hasil produk wirausaha baru pada acara penerimaan tamu kedinasan dan kegiatan rapat, koordinasi, sosialisasi, pelatihan dan kegiatan lainnya," katanya, Kamis (26/05/2022).


Surat himbauan penggunaan makanan dan minuman produk UMKM lokal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Bupati nomor: 500/134/432.02/2022. Surat tersebut ditandatangani langsung bupati.


“Surat imbauan ini dalam rangka meningkatkan daya saing, perkembangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah,” terangnya.


Selain itu juga, kata bupati surat sebagai bentuk implementasi peraturan Menteri Perindustrian RI No. 2 tahun 2014 tentang pedoman peningkatan penggunaan produk dalam negeri dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.


Bupati yang di panggil Mas Tamam tersebut juga mengimbau kepada setiap OPD agar memanfaatkan aneka kegiatan dalam kegiatan bersifat khusus dan temporer untuk mempromosikan dan membangun brand image serta brand awareness produk UMKM.


"Selanjutnya, OPD diminta untuk secara aktif menyebarluaskan penggunaan atau konsumsi makanan dan minuman produk UMKM lokal kepada masyarakat di lingkungan masing-masing,” jelasnya. 


Demikian pula, dirinya berharap melakukan langkah pengembangan pemasaran produk UMKM lokal lainnya sebagai bagian yang tidak terpisahkan. 


Editor:

Pemerintahan Terbaru