• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 5 Februari 2023

Pemerintahan

OPOP Expo Jatim 2020, Pasarkan Produk Pesantren hingga Internasional

OPOP Expo Jatim 2020, Pasarkan Produk Pesantren hingga Internasional
Mohammad Ghofirin, Sekretaris OPOP Jatim saat memberikan paparannya tentang OPOP Expo 2020. (Foto: NOJ/sav)
Mohammad Ghofirin, Sekretaris OPOP Jatim saat memberikan paparannya tentang OPOP Expo 2020. (Foto: NOJ/sav)

Surabaya, NU Online Jatim

One Pesantren One Product (OPOP) Jawa Timur yang merupakan salah satu program Gubernur jawa Timur akan menggelar OPOP Expo pada Jumat (18/12/2020) hingga Minggu (20/12/2020) mendatang di Maspion Square Surabaya. Sekretaris OPOP Jawa Timur, Mohammad Ghofirin memaparkan, bahwa OPOP Expo di tahun 2020 ini merupakan gelaran yang kedua kalinya.

 

“Di tahun 2019 lalu, kami sudah menggelar OPOP Expo dan bisa terselenggara dengan sukses,” katanya, Rabu (16/12/2020).

 

Oleh karena itu, di penghujung 2020 ini OPOP Expo kembali digelar sebagai upaya untuk meningkatkan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di pesantren.

 

“Kami kembali menggelar OPOP Expo sebagai dukungan kepada pesantren untuk memajukan produktivitas UMKM,” ujarnya.

 

Dirinya juga berharap, dengan adanya gelaran ini pesantren dapat mengembangkan sayap perekonomian di dalam negeri maupun di luar negeri.

 

“Nanti akan ada penanda tanganan kerja sama dengan sembilan negara. Jadi kami berharap, produk 32 pesantren di Jawa Timur yang mengikuti OPOP Expo 2020 dapat diterima di pasar lokal maupun internasional,” harapnya.

 

Kendati kegiatan ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, Ghofirin menekankan bahwa semua stakeholder yang terlibat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan ketat.

 

“Terkait dengan protokol kesehatan tentu kami sudah mengantongi izin untuk melaksanakan kegiatan itu dari Satgas Covid-19 Pemerintah Kota Surabaya. Dan kami selalu menekankan kepada seluruh peserta dan stakeholder yang terlibat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya


Pemerintahan Terbaru